Pembalap Muslim Ini Jadi The Next Valentino Rossi Setelah Yamaha Diminta Pecat Franco Morbidelli?

Selasa, April 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kesuksesan Valentino Rossi di Yamaha bakal dilanjutkan Toprak? (Foto: MotoGP.com)

AYAH Jorge Lorenzo, Chicho Lorenzo, mengeluarkan pernyataan tegas yang ditujukan kepada Yamaha. Ia meminta kepada Yamaha untuk memecat Franco Morbidelli, karena tak kunjung memberikan performa optimal semenjak dipromosikan ke tim pabrikan Yamaha (Monster Energy Yamaha) di paruh kedua MotoGP 2021.

Franco Morbidelli sempat menggila saat membela tim satelit Yamaha, Petronas Yamaha, pada MotoGP 2020. Kala itu, Franco Morbidelli finis di posisi dua dengan koleksi 158 angka, hanya terpaut 13 poin dari sang juara dunia, Joan Mir (Suzuki Ecstar).

Franco Morbidelli

(Franco Morbidelli melempem bersama tim pabrikan Yamaha)

Hanya saja, Franco Morbidelli gagal mengulangi performa di atas pada MotoGP 2021. Benar, ia sempat finis podium di MotoGP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Jerez. Namun, itu menjadi satu-satunya podium yang dikemas Franco Morbidelli pada MotoGP 2021.

Meski gagal bersinar di delapan race awal MotoGP 2021, Franco Morbidelli tetap mendapat kesempatan promosi ke tim pabrikan Yamaha di lima race pamungkas musim tersebut. Hanya saja, ia hanya meraup enam poin dari lima race rersisa!

Performa tak jauh berbeda ditunjukkan Franco Morbidelli di MotoGP 2022. Dalam empat race awal, ia hanya mengemas 14 angka! Karena itu, Chicho Lorenzo mendorong Yamaha untuk memecat Franco Morbidelli yang terikat kontrak bersama mereka hingga akhir MotoGP 2023.

“Tentang Morbidelli, dia menghilang saat beraksi. Morbidelli yang kami lihat melakukan hal-hal luar biasa, memenangkan balapan dengan satelit Yamaha telah benar-benar menghilang,” kata Chicho, dilansir dari Motosan, Selasa (19/4/2022).


“Saya tidak tahu mengapa itu terjadi, tetapi ada sesuatu di sana yang tentu saja tidak bekerja dengan baik, yang telah kita lihat. Jelas, bahwa dia tidak pantas mendapatkan motor pabrikan itu sebagaimana adanya, Apa yang harus mereka (Yamaha) lakukan adalah mengubahnya sekarang, membayar klausul penghentian atau apa pun,” imbuhnya.’

Jika Franco Morbidelli benar dipecat Yamaha pada akhir musim ini, siapa rider yang bakal menggantikan posisinya? Pembalap asal Turki yang merupakan juara dunia World Superbike 2021, Toprak Razgatlioglu dikabarkan bakal menjadi suksesor Franco Morbidelli. Manajer Toprak Razgatlioglu, Kenan Sofuoglu, pun membuka opsi sang klien pindah ke Yamaha pada MotoGP 2023.

(Toprak Razgatlioglu juara WSBK 2021).

“Toprak (Razgatlioglu) memiliki kontrak dengan (Pata) Yamaha hingga akhir 2023. Awalnya ditujukan untuk Kejuaraan Dunia Superbike, tetapi sekarang Yamaha ingin membawanya ke MotoGP,” kata Sofuoglu dilansir dari Corsedimoto.

“Mereka membuat kami menawarkan untuk tim satelit (Yamaha RNF) tetapi kami tidak tertarik. Yamaha masih menunjukan minat pada Toprak jadi pasti ada opsi untuknya di MotoGP,” sambung Sofuoglu.

Toprak Razgatlioglu berpotensi menjadi The Next Valentino Rossi, pembalap yang memberikan empat gelar juara dunia MotoGP bersama Yamaha. Valentino Rossi tercatat menjadi juara dunia MotoGP bersama Yamaha pada 2004, 2005, 2008 dan 2009.


Sumber : okezone.com

0 comments: