Puluhan Pasukan Khusus SAS Inggris Dikabarkan Turun Ke Ukraina, Begini Reaksi Rusia

Senin, April 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Puluhan Pasukan Khusus SAS Inggris Dikabarkan Turun Ke Ukraina, Begini Reaksi Rusia
Patroli tentara Rusia di Mariupol Ukraina. (Foto: AFP)

Badan investigasi Rusia mengatakan pada Sabtu (23/4) bahwa pihaknya sedang menyelidiki laporan media Rusia yang menuduh para ahli sabotase dari pasukan khusus SAS Inggris telah dikerahkan ke Ukraina barat.

Special Air Service (SAS) adalah pasukan elit militer yang dilatih untuk melakukan operasi khusus, pengawasan dan kontra-terorisme. Kantor berita Rusia RIA Novosti pada Sabtu (23/4) mengutip sumber keamanan Rusia yang mengatakan sekitar 20 anggota SAS telah dikirim ke wilayah Lviv.

Dalam sebuah pernyataan, Komite Investigasi mengatakan akan menindaklanjuti laporan bahwa mereka telah dikirim "untuk membantu dinas khusus Ukraina dalam mengatur sabotase di wilayah Ukraina."

Kementerian Pertahanan Inggris tidak segera mengomentari pertanyaan Reuters terkait hal tersebut.

Inggris mengatakan telah mengirim pelatih militer ke Ukraina pada awal tahun ini untuk menginstruksikan pasukan lokal dalam menggunakan senjata anti-tank. Namun pemerintah Inggris mengatakan pada 17 Februari - seminggu sebelum invasi Rusia - bahwa mereka telah menarik semua pasukan kecuali yang diperlukan untuk melindungi duta besar negaranya.

Tidak jelas langkah apa yang direncanakan Komite Investigasi untuk menanggapi keterlibatan SAS di Ukraina. Namun fakta penyelidikan kemungkinan kehadiran pasukan dari negara NATO adalah penting, mengingat Rusia telah mengeluarkan peringatan kepada negara-negara Barat untuk tidak menghalangi "operasi militer khusus" di Ukraina.

Sumber : Suara.com

0 comments: