Resep Martabak Telur Mini, Kulitnya Renyah Isinya Gurih Cocok untuk Takjil

Senin, April 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Resep Martabak Telur Mini, Kulitnya Renyah Isinya Gurih Cocok untuk Takjil
Ilustrasi sajian martabak mini (Pexels/Riki Risnandar)

Martabak telur menjadi salah satu camilan yang banyak digemari orang. Rasa martabak yang gurih berpadu dengan kulit renyah menjadi salah satu alasan banyak orang menyukainya. Tertarik mencoba resep martabak telur mini untuk buka puasa hari ini?

Selain bisa mendapatkan martabak telur dengan mudah, kamu juga bisa membuat martabak telur kreasimu sendiri. Saat ini, martabak telur mini menjadi salah satu variasi yang digemari karena ukurannya yang pas untuk sekali makan.

Dengan membuat martabak telur mini sendiri, kamu juga bisa menyesuaikan isian yang diinginkan. Camilan satu ini sangat cocok dijadikan sajian berbuka puasa atau sekedar camilan saat kumpul dengan keluarga.

Ilustrasi sajian martabak mini (Pexels/Riki Risnandar)
Ilustrasi sajian martabak mini (Pexels/Riki Risnandar)

Dilansir dari kanal YouTube Omah ELok Kitchen, berikut resep martabak telur mini, cocok juga untuk berjualan.

Resep Martabak Telur Mini

Bahan Kulit:

  • 120 gr tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 300 m air
  • 1 sdm minyak goreng
  • Garam secukupnya

Bahan Isian:

3 butir telur ayam

2 siung bawang putih, cincang

1 ons daun bawang

Merica bubuk secukupnya

Garam secukupnya

Kaldu bubuk secukupnya

Minyak untuk menumis

Bahan Lem:

  • Tepung terigu dengan sedikit air

Cara Membuat Martabak Telur Mini

  1. Pertama, buat kulit martabak dengan mencampurkan tepung terigu, telur, garam, minyak, dan 1/3 takaran air. Setelah semua bahan tercampur tanpa meninggalkan gumpalan, tambahkan air yang tersisa perlahan-lahan. Cara ini digunakan supaya kulit martabak halus.
  2. Setelah itu, tuangkan satu sendok sayur adonan kulit martabak ke atas teflon yang sudah diolesi minyak tipis. Tunggu sampai pinggiran kulit martabak mengering, lalu ambil cetakan kulit yang jadi. Kulit martabak tidak perlu dibalik supaya teksturnya tetap lentur.
  3. Selanjutnya, buat isian martabak dengan mencampurkan telur, merica, dan garam. Kocok sampai adonan telur merata.
  4. Sementara itu, tumis cincangan bawang putih sampai tercium bau harum. Tambahkan juga daun bawang dan bawang bombay. Panas dengan api kecil dan tambahkan juga telur yang sudah dikocok tadi. Masak sampai setengah matang.
  5. Berikutnya, masukkan isian martabak yang sudah dimasak ke dalam kulit telur yang tadi sudah dibuat. Isikan 1-2 sendok makan di bagian tengah kulit martabak.
  6. Setelah itu, lipat setiap bagian sisi yang tersisa ke tengah sampai berbentuk persegi. gunakan tepung terigu yang sudah diberi sedikit air untuk dijadikan bahan perekat.
  7. Tahap berikutnya, goreng martabak telur mini dengan minyak panas. Pastikan untuk membolak-balik martabak supaya matang dengan sempurna.
  8. Martabak telur mini siap disajikan.

Itulah resep martabak telur mini yang bisa Anda coba di rumah. Selamat memasak!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Sumber : Suara.com

0 comments: