Resep Tahu Walik Crispy di Luar Lembut di Dalam Cocok untuk Menu Buka Puasa Bareng Keluarga

Jumat, April 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Resep Tahu Walik Crispy di Luar Lembut di Dalam Cocok untuk Menu Buka Puasa Bareng Keluarga
Sajian tahu walik. (Shutterstock)

Suara.com - Bagi warga Indonesia, salah satu menu makanan yang tidak boleh dilewatkan untuk berbuka puasa adalah gorengan. Rasanya yang renyah, apalagi jika dikonsumsi saat masih panas membuat siapapun tidak akan merasa cukup jika hanya makan gorengan satu saja.

Jika bosan dengan olahan gorengan yang itu-itu saja, cobalah untuk membuat tahu walik. Salah satu kenikmatan tahu walik ada pada kulit luarnya yang renyah dengan isian yang aci yang lembut.

Dilansir dari kanal YouTube CR Cook, berikut resep tahu walik crispy di luar lembut di dalam untuk menu buka puasa Anda dan keluarga. 

Bahan:

  • 25 buah tahu cokelat/tahu sumedang
  • 250 gram dada ayam fillet
  • 100 ml air
  • 100 gram tepung tapioka
  • 50 gr tepung terigu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Daun bawang secukupnya

Cara Membuat Tahu Walik:

  1. Pertama, belah tahu untuk mengeluarkan isiannya, supaya bisa diganti dengan isian tahu walik.
  2. Selanjutnya, haluskan ayam dengan bantuan blender. Tambahkan sedikit air untuk mempermudah prosesnya.
  3. Setelah itu, tambahkan tepung tapioka tepung terigu, daun bawang yang sudah dicincang kecil, bawang putih, garam, kaldu ayam bubuk, dan merica ke dalam ayam yang sudah dihaluskan untuk dijadikan sebagai isian tahu walik. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Setelah itu, masukkan isian ke dalam tahu yang sudah dikosongkan isinya. Lakukan secara terbalik, memasukkan isian di sisi kulit luar tahu
  5. Selanjutnya, goreng tahu walik dengan api sedang supaya tidak gosong. Jangan lupa untuk dibolak-balik supaya matangnya merata. Masak sampai tahu berubah warna menjadi kecoklatan
  6. Tahu walik crispy siap disantap
  7. Jika tidak memiliki persediaan daging ayam di rumah, kamu bisa cukup mengisi tahu walik dengan campuran tepung terigu dan tepung tapioka saja. Supaya lebih nikmat jangan lupa untuk menyiapkan sambal kecap atau cabai rawit sebagai pelengkap.

Camilan yang hampir mirip dengan tahu bakso ini sejatinya berasal dari Banyuwangi. Namun saat ini kamu bisa menemukan tahu walik dengan mudah di berbagai daerah lain atau langsung membuatnya sendiri.

Demikian informasi mengenai resep tahu walik crispy, selamat mencoba di rumah dan semoga sesuai selera. 

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Sumber : Suara.com

0 comments: