Tingkatkan Penggunaan Produk UMKM, Pemerintah Kembali Gelar Business Matching

Rabu, April 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan kembali menyelenggarakan Business Matching tahap 2 di Jakarta yang akan berlangsung pada 11-23 April 2022.

Acara ini diselenggarakan guna Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Setelah sebelumnya sukses diadakan di Nusa Dua, Bali, pada 22-24 Maret 2022.

Deputi Bidang UKM KemenKopUKM, Hanung Harimba Rachman menjelaskan, sesuai arahan Presiden kepada Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif, kementerian perindustrian, dan Kementerian Kementerian Dalam Negeri diperintahkan untuk kembali melaksanakan kegiatan showcase dan bisnis matching tahap ke-2.

“Yang kemarin tahap pertamanya sudah dilakukan di Bali dan cukup berhasil. Kegiatan bisnis matching yang ada di  Bali itu perlu perpanjang. Maka kita akan merancang kegiatan ini lebih panjang, jadi mulai tanggal 11 hingga tanggal 23 April,” kata Hanung dalam Konferensi Pers Pelaksanaan Business Matching Tahap 2, Rabu (6/4/2022).

Tak hanya itu, dalam business matching tahap ke-2 ini Kementerian koperasi dan UMKM juga bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri akan mendukung pelaksanaan bisnis matching Mandiri di daerah.

“Kita dorong agar masing-masing Kementerian lembaga dan Pemda mengadakan business matching secara mandiri,” ucapnya

Target

Tujuannya dilaksanakan business matching tahap ke-2 ini salah satunya agar rencana umum pengadaan bisa mencapai 100 persen, saat ini baru 91 persen.

Tujuan kedua, yaitu mendorong komitmen dari Pusat Pengembangan Karir (P2K) dan Satker untuk membelanjakan produk-produk dalam negeri dan UMKM.

Tak hanya itu saja, kegiatan business matching bertujuan agar Kementerian/Lembaga dan Pemda dapat memetakan kebutuhan pengadaan barang dan jasanya, dapat mempertemukan dengan penyuplai produk UMKM dan koperasi, serta produk dalam negeri.

Untuk mendukung hal itu, Kementerian Koperasi dan akan melakukan serangkaian kegiatan yang mendukung pelaksanaan acara show case dan business matching lanjutan tahap 2, antara lain sosialisasi bersama kemenkomarves, KemenkopUKM, Kemenparekraf, Kemendagri, Kemenperin dan LKPP kepada seluruh K/L dan Pemda.

“Jadi kegiatan tersebut tujuannya menginformasikan bahwa agar semua K/L dan pemda dapat melakukan business matching Mandiri, dan untuk mendorong tercapainya rencana umum pengadaan sebesar 100 persen,” ujarnya.

Adapun rencana pengadaan itu difokuskan pada penggunaan produk dalam negeri khususnya UMKM.

Oleh karena itu, pihaknya berharap Kementerian/Lembaga dan pemda dalam pengadaan business matching tahap ke-2 ini dapat melakukan pengisian lanjutan rencana umum pengadaan, dengan menambahkan produk-produk yang bisa dipenuhi dalam negeri.


Sumber : liputan6

0 comments: