Tips Agar Kamu Bisa Jago Berenang dengan Cepat, Pemula Wajib Tahu

Selasa, April 26, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Tips agar kamu bisa jago berenang dengan cepat (Foto: Degrootestock/Elements Envat0)

Tips agar kamu bisa jago berenang dengan cepat berikut ini patut untuk disimak. Renang adalah salah satu cabang olahraga yang sangat diminati. 

Secara sederhana, berenang adalah satu kegiatan bergerak yang dilakukan di dalam air. Selain sebagai olahraga, renang juga sering kali menjadi sebuah rekreasi.

Kegiatan berenang juga sangat dianjurkan untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Pasalnya, renang melibatkan gerak otot di seluruh anggota tubuh.


Sayangnya, tidak semua orang bisa berenang. Untuk bisa berenang, dibutuhkan teknik dasar yang perlu dikuasai. Berenang juga membutuhkan fisik yang prima dan pernapasan yang kuat. Maka dari itu, tidak semua orang bisa berenang dengan baik. Dilansir iNews.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan agar bisa berenang.

Tips agar Kamu Bisa Jago Berenang dengan Cepat: 

1. Membiasakan Diri di Dalam Air 

Hal pertama agar bisa berenang adalah membiasakan diri dengan air kolam. Hal ini dilakukan untuk membuat kamu nyaman berada di air. Jika ada rasa canggung atau takut masuk ke air, tantang dirimu untuk berani masuk ke dalam kolam. 

2. Belajar Berjalan di Dalam Kolam 

Setelah masuk ke air dan membiasakan diri, cobalah untuk latihan belajar berjalan di dalam kolam. Secara teknis, langkah ini sama saja dengan berjalan di darat. Kamu bisa mencobanya dengan cara memegang bagian tepi kolam sambil berjalan menuju bagian kolam yang lebih dalam.

3. Berlatih Pernapasan 

Tips agar kamu bisa jago berenang dengan cepat berikutnya adalah latihan pernapasan. Pasalnya, pernapasan adalah bagian penting dalam berenang. Kamu bisa melatihnya dengan menghirup udara panjang kemudian masukkan seluruh badan hingga kepala ke dalam air.  Lepaskan udara di dalam mulut sedikit demi sedikit melalui hidung atau mulut. Lakukan latihan ini tanpa perlu tergesa-gesa agar bisa mengatur nafas dengan baik di dalam air.

4. Latihan Mengapung di Dalam Kolam 

Tips berikutnya adalah latihan untuk bisa mengapung di dalam kolam. Tubuhmu pada dasarnya bisa mengapung berkat adanya daya apung air. Tapi hal ini tentu harus dibiasakan terlebih dahulu. 

Peganglah tepi kolam renang dan angkat kedua kaki hingga posisi tubuh telentang di air. Langkah ini merupakan cara paling dasar yang harus dikuasai untuk bisa berenang dengan cepat. 

5. Latihan Gerak Meluncur 

Setelah berhasil latihan mengapung, saatnya bagi kamu untuk berlatih gerak meluncur atau bergerak ke depan. Sebagai awalan, kamu mungkin bisa menggunakan alat bantu seperti papan pelampung. Caranya, pegang papan luncur di hadapanmu dengan tangan lurus ke depan.  

Kemudian, kamu bisa mulai mendorong tubuh memanfaatkan tepian kolam. Cobalah untuk menggerakkan kedua kaki secara bergantian. Kamu juga bisa memutar kepala ke kiri atau ke kanan untuk mengambil napas. Lakukan langkah ini hingga kamu mulai terbiasa.

6. Latihan Gerak Dasar Berenang 

Tips terakhir agar kamu bisa berenang dengan cepat adalah melatih gerak dasar dalam olahraga renang. Gaya renang yang direkomendasikan untuk pemula adalah gaya dada, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. 

Setiap gaya memiliki teknik masing-masing. Misalnya saja pada gaya bebas dan gaya kupu-kupu yang menuntutmu melaju dengan cepat, tapi akan membuatmu cepat kehabisan energi. Sebaliknya, gaya punggung dan gaya dada relatif mudah kerena kamu tidak harus mengatur napas. 

Itulah tips agar kamu bisa berenang dengan cepat. Pada dasarnya, latihan tersebut harus dilakukan secara rutin agar apa yang diharapkan bisa tercapai. Hal yang tak kalah penting perlu diperhatikan adalah pemanasan sebelum berenang. Berenang akan melibatkan hampir seluruh otot tubuh. Perbedaan suhu dan intensitas gerak yang berubah akan membuat otot kram jika tidak melakukan pemanasan yang cukup sebelum berenang.


Sumber : inews.com

0 comments: