Tips Liburan saat Puasa, Ini 5 Cara Jitu yang Bisa Kamu Ikuti

Senin, April 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi liburan saat puasa Foto: Shutterstock
Tips liburan saat puasa bisa kamu ikuti agar suasana makin seru dan asyik tanpa harus mengganggu ibadah. Saat berpuasa, sebagian orang mungkin merasa tubuhnya sedikit lemah ketimbang hari biasanya.
Oleh karena itu, tak sedikit yang membatasi aktivitasnya, bahkan sampai menunda liburan dengan alasan takut membatalkan puasa. Padahal, kamu bisa tetap melakukan keduanya tanpa harus merasa lelah berlebihan, lho.
Apalagi, kini sudah banyak sektor pariwisata yang dibuka kembali seiring dengan melandainya kasus positif Covid-19. Jadi, sayang banget nih, kalau kamu melewatkan momen ini begitu saja.
Buat kamu yang punya rencana liburan saat puasa, wajib banget nih menyimak sederet tips berikut ini. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkap tips liburan saat puasa seperti di bawah ini.

Tips Liburan saat Puasa

1. Tips Liburan Saat Puasa: Pilih Destinasi Wisata Ramah Muslim

Tips Liburan saat Puasa, Ini 5 Cara Jitu yang Bisa Kamu Ikuti (1)
Ilustrasi memilih destinasi wisata ramah muslim Foto: Shutterstock
Hal pertama yang wajib kamu lakukan sudah pasti memilih destinasi wisata yang tepat. Saat berpuasa, kamu bisa memilih destinasi wisata ramah muslim untuk memudahkanmu.
Beberapa yang perlu diperhatikan untuk memilih destinasi wisata ramah muslim, antara lain, mudah menjumpai makanan dan minuman halal, serta jarak tempat ibadah yang terjangkau.
Sebagai tambahan, kamu juga bisa memilih destinasi wisata dengan udara yang cenderung lebih sejuk untuk meminimalisasi rasa haus ketika sedang berpuasa.

2. Tips Liburan Saat Puasa: Bawa Perlengkapan Ibadah Sendiri

Tips Liburan saat Puasa, Ini 5 Cara Jitu yang Bisa Kamu Ikuti (2)
Koleksi sajadah premium IKAT Indonesia dan Lasouk. Foto: IKAT Indonesia
Berikutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah membawa perlengkapan ibadah sendiri. Sebab, kamu mungkin tidak selalu menemui masjid atau musala yang juga menyediakan alat salat. Terlebih, pandemi Covid-19 juga belum berakhir.
Jadi, lebih baik jika kamu sudah menyiapkan peralatan salat sendiri. Mulai dari sajadah, mukena untuk perempuan, dan kain sarung untuk laki-laki.

3. Tips Liburan Saat Puasa: Konsumsi Makanan Bergizi saat Sahur dan Berbuka


Tidak kalah penting, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh ketika waktu sahur dan berbuka.

Meski sedang berlibur, jangan sampai kamu asal memilih makanan. Apalagi saat berpuasa, tubuhmu telah kosong hingga 12 jam lamanya. Maka dari itu, pastikan kamu banyak mengkonsumsi banyak sayur, buah-buahan dan protein agar tubuh tetap bugar.
Juga, jangan lupa untuk meminum banyak air putih agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan makanan dan minuman cadangan jika waktu sahur dan berbuka telah tiba ketika kamu sedang dalam perjalanan.

4. Tips Liburan Saat Puasa: Sesuaikan Waktu Sahur dan Berbuka di Tempat Liburan

Tips Liburan saat Puasa, Ini 5 Cara Jitu yang Bisa Kamu Ikuti (3)
Ilustrasi menyesuaikan waktu sahur dan berbuka Foto: Shutterstock
Tips selanjutnya yang juga tidak boleh kamu lewatkan adalah mengetahui waktu sahur dan berbuka di destinasi liburanmu. Jika kamu berencana berlibur ke daerah dengan zona waktu berbeda, wajib banget nih mengikuti tips satu ini.
Kamu bisa mengunduh aplikasi yang memberi update waktu sahur, berbuka, serta beribadah. Jadi, jangan sampai kamu telat bangun untuk sahur atau sampai melewatkan salat lima waktu ketika berlibur, ya.

5. Tips Liburan Saat Puasa: Patuhi Protokol Kesehatan

Tips Liburan saat Puasa, Ini 5 Cara Jitu yang Bisa Kamu Ikuti (4)
Ilustrasi menggunakan hand sanitizer Foto: Shutterstock
Terakhir, sudah pasti kamu harus tetap mematuhi protokol kesehatan, nih! Seperti diketahui, pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Jadi, ke mana pun kamu pergi, jangan lupa untuk membawa perlengkapan seperti masker, hand sanitizer, tissue dan lain sebagainya untuk melindungi diri dari paparan virus corona.
Itu dia deretan tips liburan saat puasa yang bisa kamu ikuti. Jadi, tidak ada lagi nih, alasan menunda liburan hanya karena takut membatalkan puasa.

Sumber : kumparan.com

0 comments: