Tips Sediakan Camilan Sehat dan Menarik untuk Anak di Rumah

Senin, April 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi camilan sehat untuk anak. Foto: Shutter Stock
Selain mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang, camilan juga perlu diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan energi anak setiap hari. Tapi, jangan memberikan camilan sembarangan untuk anak ya, Moms. Sebab, camilan yang diberikan untuk anak harus bergizi agar si kecil sehat dan tumbuh kembangnya optimal.
Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam laman resminya merekomendasikan anak-anak untuk mengonsumsi camilan dua kali sehari. Yakni di antara jadwal makan pagi dan makan siang, serta di antara makan siang dan makan malam.
Nah Moms, dikutip dari Healthy Children, berikut beberapa tips dalam memilih camilan yang sehat untuk anak di rumah.
1. Pilih buah dan sayuran untuk camilan anak
Beberapa anak biasanya sulit atau tidak suka mengonsumsi buah dan sayur. Oleh sebab itu, orang tua harus kreatif agar anak mau makan sayur dan buah. Sebab, kedua jenis makanan tersebut punya beragam nutrisi baik untuk anak. Nah Moms, Anda bisa menyajikan buah dengan lebih menyenangkan, misalnya dengan membuat smoothie buah sayur yang segar atau menjadikannya popsicle.

2. Pastikan bergizi
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, camilan yang diberikan ke anak harus bergizi. Sebab, camilan adalah salah satu cara untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Anda bisa memberikan berbagai jenis camilan sehat seperti yoghurt atau stik keju misalnya.
3. Hindari memberikan camilan olahan dengan tinggi gula
Camilan olahan atau kemasan biasanya tidak mengandung nutrisi yang tinggi. Bahkan, cenderung mengandung tinggi gula dan garam. Hal itu umumnya bisa membuat anak menjadi cepat lapar dan haus. Sehingga berisiko menyebabkan kenaikan berat badan berlebihan pada si kecil.
Tips Sediakan Camilan Sehat dan Menarik untuk Anak di Rumah (2)
Ilustrasi anak makan manis. Foto: Shutter Stock
4. Sediakan camilan berwarna pelangi
Memberikan camilan berwarna-warni biasanya bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu, cara ini juga bisa membantu Anda memperkenalkan berbagai macam warna.
Tips Sediakan Camilan Sehat dan Menarik untuk Anak di Rumah (3)
Ilustrasi anak makan buah naga. Foto: Shutterstock
Ya Moms, Anda bisa menggunakan berbagai jenis buah dan sayur yang berbeda warna seperti wortel, anggur, jeruk, strawberry, dan berbagai jenis lainnya. Jadi, sambil mengajaknya makan camilan, Anda bisa membuat suasana lebih menyenangkan sambil mengenalkan warna dan manfaatnya.


Sumber : kumparan.com

0 comments: