Tradisi Lebaran di Turki yang Jarang Diketahui, Ada Hadiah Sapu Tangan untuk Anak-Anak

Kamis, April 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 04 27 549 2585890 tradisi-lebaran-di-turki-yang-jarang-diketahui-ada-hadiah-sapu-tangan-untuk-anak-anak-0RYQdkbgo0.png

SETIAP negara memiliki keunikannya tersendiri dalam melaksanakan tradisi Lebaran. Misalnya masyarakat Turki yang memiliki beberapa tradisi yang jarang diketahuiorang luar loh.

Idul Fitri di Turki dikenal dengan sebutan Ramazan Bayram (Perayaan atau festival Ramadhan). Hari Raya juga merupakan hari libur nasional yang sangat dicintai oleh masyarakat Turki. Pasalnya, jalan-jalan bebas hambatan dibebaskan dari bea dan kendaraan umum di Istanbul memberikan diskon 50% bagi para penumpangnya.

Melansir kanal YouTube Dayawisata, berikut tradisi lebaran Idul Fitri di Turki:

1. Tak ada kumandang takbir

Bila di Indonesia semarak akan kumandang takbir di setiap mushala atau masjid, maka kumandang takbir tak akan terdengar di negara Turki. Malam Lebaran di Turki sama halnya dengan malam-malam seperti hari biasanya, tak ada alunan takbir yang merdu di masjid-masjid.

2. Ziarah

Masyarakat Turki juga punya tradisi berziarah ke makam keluarga saat hari raya Idul Fitri. Tradisi ini merupakan tradisi wajib dan biasanya dilakukan sepulangnya mereka dari salat Idul Fitri di masjid.

3. Festival gula

Turki menggelar festival gula atau seker bayram, dimana setiap rumah di Turki selalu menyediakan camilan manis seperti permen dan coklat untuk dibagikan saat Idul Fitri tiba. Sementara, anak-anak di Turki akan berkeliling ke rumah-rumah tetangga untuk mengucapkan selamat Idul Fitri sambil membawa kantong. Kantong tersebut nantinya akan diisi permen atau jajanan manis lainnya oleh sang pemilik rumah yang didatanginya. Seker Bayrami ini juga dilakukan dengan memberikan makanan khas Turki berupa roti bernama baklava kepada keluarga, teman, maupun tetangga.

4. Memberikan hadiah sapu tangan

Selain angpau, anak-anak di Turki seringkali mendapatkan hadiah sapu tangan oleh para kerabat atau saudara yang rumahnya mereka datangi. Meski tradisi ini sudah jarang dilakukan, tetapi masih ada juga warga Turki yang melakukan tradisi seperti ini.

5. Pagelaran tari dan musik

Meski tak terdengar kumandang takbir, saat hari raya Idul Fitri tiba, banyak warga Turki yang mengadakan pagelaran tari, musik dan seni tradisional seperti pertunjukan Karagoz dan Hacivat maupun Tari Zeybek dan Tarian Dervish. Desa-desa di Turki juga akan terlihat begitu semarak dengan hiasan lampu berwarna-warni di berbagai sudut. (nia)


Sumber : OKEZONE

0 comments: