Unik! Hotel Ini Tawarkan Sensasi Menginap Dikelilingi Ratusan Sangkar Burung

Senin, April 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Hotel unik di Swedia yang tawarkan kamar mirip sangkar burung. Foto: treehotel.se

Hotel tak hanya jadi tempat menginap bagi traveler kala plesiran ke suatu tempat. Lebih dari itu, ada banyak hotel yang menawarkan pengalaman menginap berbeda seperti halnya hotel unik satu ini.

Dilansir Lonely Planet, ialah Treehotel, hotel yang terletak di Lapland, Swedia, ini baru saja meluncurkan kamar unik yaitu Biosphere. Keunikan hotel ini adalah para tamu yang menginap bakal ditemani burung-burung karena setiap kamarnya dikelilingi ratusan sangkar burung.
Hotel unik di Swedia yang tawarkan kamar mirip sangkar burung. Foto: treehotel.se
Kamar unik ini merupakan hasil kolaborasi antara perusahaan arsitektur Swedia yaitu Bjarke Ingels Group bersama para ahli burung lokal, untuk menciptakan Biosphere.
Keunikan Biosphere tidak hanya kamarnya yang dikelilingi sekitar 350 sangkar burung, tetapi lokasinya yang menggantung di atas pohon layaknya sangkar burung asli. Para tamu tidak hanya diajak untuk menginap ditemani hutan Swedia yang masih alami, tetapi juga bisa bercengkrama dengan berbagai jenis burung mulai dari burung Chickade (salah satu dari 13 spesies burung Amerika Utara dari genus Poecile dari keluarga Paridae atau ordo Passeriformes), hingga burung-burung lainnya seperti burung gagak.
"Dengan merancang kamar hotel di puncak pohon dengan fasad sarang burung, tujuan Biosphere adalah untuk mengurangi penurunan populasi burung di hutan Swedia dan sebagai gantinya memperkuat biosfer dan habitat alami," kata BIG.
"Para tamu diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan burung dalam jarak dekat serta berada langsung di pusat alam," lanjutnya.
Sementara itu, Ahli burung dan ketua Asosiasi Ornitologi Norrbotten, UlfOhman, yang mengerjakan proyek tersebut menjelaskan bahwa perubahan iklim telah berkontribusi pada penurunan beberapa populasi burung lokal, dan sarang burung di sekitar Biosphere dapat membendung penurunan tersebut.
João Albuquerque, salah satu arsitek Biosphere dan mitra di BIG, menjelaskan tujuan proyek ini sebagai mengintegrasikan lingkungan ke dalam bangunan.
"Kami merancang tambahan kami di Treehotel, Biosphere untuk menciptakan pengalaman unik bagi tamu hotel, dengan mengambil inspirasi dari hutan di sekitarnya dan mengaplikasikannya ke interior. Respons ekologis adalah pendorong di balik ekspresi arsitektural untuk membantu menciptakan dampak lingkungan yang positif," kata Albuquerque.

Hotel Unik yang Ramah Lingkungan


Selain bentuknya yang unik, para tamu juga diajak menginap dengan cara yang benar-benar berbeda. Bagaimana tidak? Untuk menuju ke kamar, para tamu harus melewati sebuah jembatan yang saling terhubung antara pintu masuk dan kamar hotel.
Sesampainya di kamar, para tamu akan dimanjakan dengan interior kamar yang didominasi nuansa kayu. Kamar seluas 34 meter persegi memiliki desain mezzanine dengan ruang tamu di bagian bawah dan ruang tidur di bagian atas.

Kamar tersebut juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas untuk mereka yang menginap. Menariknya, kamar hotel yang didesain dengan langit-langit berlapis kaca memungkinkan tamu untuk mengamati burung dan menawarkan pemandangan hutan yang indah. Kemudian, mereka juga bisa menikmati pemandangan 360 derajat hutan Swedia yang indah.
Hotel ini dibangun oleh pasangan Kent dan Britta Lindvall pada tahun 2010. Mereka membuat desain modern yang mempertimbangkan lingkungan. Treetop juga memiliki kamar unik lainnya yang mayoritas kamarnya juga berada di tengah hutan atau di atas pohon.
Kamar Biosphere di Treehotel ini rencananya akan dibuka pada bulan Mei mendatang. Untuk harga menginap, satu malam di Biosphere untuk dua tamu, termasuk sarapan dikenakan biaya 12.000 Krona Swedia atau Rp 18,2 juta.
Bagaimana, tertarik enggak nih menginap di hotel ini?
Sumber : kumparan.com

0 comments: