Unik! Monumen Garuda di Solo Baru Ini Dibuat dari Knalpot Brong Sitaan

Jumat, April 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Monumen Garuda di Solo Baru, Sukoharjo, dibuat dari knalpot bising sitaan polisi, Jumat (8/4/2022). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng

Sukoharjo - Pemkab Sukoharjo bersama Polres Sukoharjo meresmikan Monumen Garuda di Solo Baru, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Uniknya, monumen ini dibuat dari knalpot bising atau brong sitaan polisi.

Pembuatnya ialah Edi Cahyo Setiarto, seniman asal Sukoharjo. Dia butuh waktu sekitar 40 hari untuk menyusun 300-an knalpot menjadi bentuk garuda.


"Kesulitan sebenarnya tidak ada, cuman kadang kalau ngelas bolong karena knalpot cukup tipis," kata Edi saat dijumpai usai peresmian di Solo Baru, Jumat (8/4/2022).

Patung ini memiliki lebar sekitar 3 meter dan tinggi hampir 2 meter. Sementara tinggi monumen secara keseluruhan ialah sekitar 4 meter.

Edi memang dikenal sebagai seniman, terutama dalam pembuatan patung. Sebelumnya, dia juga membuat lampion Imlek untuk dipasang di kawasan Pasar Gede Solo.

"Untuk pembuatan daur ulang bukan yang pertama, dulu sudah pernah. Kalau bentuk garuda baru pertama, di Sukoharjo juga baru pertama," katanya.

Monumen Garuda di Solo Baru, Sukoharjo, dibuat dari knalpot bising sitaan polisi, Jumat (8/4/2022). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng

Di kesempatan yang sama, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan monumen dibuat untuk mengingatkan masyarakat agar tidak lagi menggunakan knalpot bising. Selain melanggar aturan, penggunaan knalpot bising juga mengganggu masyarakat lain.

"Tentunya knalpot ini tidak sesuai standar, melanggar peraturan. Meskipun barang ilegal, tidak serta-merta kita musnahkan. Kita pasang sebagai ikon baru di tengah kota," kata Wahyu.

Selain itu, Wahyu juga ingin mendorong seniman lokal menjadi lebih dikenal. Menurutnya, patung buatan Edi merupakan karya seni yang luar biasa.

"Kebetulan di wilayah kita ada seniman yang bisa mengolah barang daur ulang menjadi karya seni luar biasa. Kita dorong UMKM agar semakin maju," pungkasnya.


Sumber :  detik.com

0 comments: