Vaksin Kanker Serviks Gratis untuk Siapa? Simak Penjelasan Kemenkes

Sabtu, April 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Vaksin Kanker Serviks Gratis untuk Siapa? Simak Penjelasan Kemenkes
Vaksin Kanker Serviks Gratis untuk Siapa? Simak Penjelasan Kemenkes - Ilustrasi dokter. (Pixabay/sammy sander)

Kementerian Kesehatan akan memasukkan vaksin human papillomavirus atau HPV ke dalam program vaksinasi wajib untuk mencegah kanker serviks. Lalu, vaksin kanker serviks gratis untuk siapa?

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa vaksin ini gratis. Pihaknya pun telah menjelaskan program vaksin kanker serviks gratis untuk siapa saja. Namun pertanyaan kembali muncul, bagaimana cara mengakses vaksin gratis ini?

Vaksin Kanker Serviks Gratis untuk Siapa

Budi Gunadi menjelaskan, vaksin kanker serviks gratis untuk anak SD kels 5 dan 6 dengan rentang usia antara 10 hingga 13 tahun dengan pertimbangan belum menstruasi.

"Kenapa diberikan pada anak umur 5 dan 6 SD, karena ada aturannya, harus diberikan sebelum menstruasi, kalau sudah menstruasi jadi tidak efektif," ujar Menkes Budi saat konferensi pers, Puncak Peringatan Pekan Imunisasi Dunia 2022, Jumat, (22/4/2022).

Menurut informasi Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, Prima Yosephine, vaksin kanker serviks bisa diakses gratis tanpa syarat yang rumit.

"Nggak pakai syarat, cukup si anak yang sudah berusia segitu, yakni kelas 5 dan 6 SD, nanti akan dikasih, jika memang daerahnya sudah masuk ke dalam pemberian layanan," ujar Prima saat dihubungi Suara.com, Selasa (19/4/2022).

Daerah yang mendapat vaksin kanker serviks gratis adalah DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sumatera Utara.

Sebanyak 889 ribu anak perempuan kelas 5 dan 6 SD ditargetkan mendapat vaksin kanker serviks yang pelaksanaannya dilakukan dalam program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada Agustus dan November 2022.

Menurut Prima vaksin HPV ini akan diberikan sebanyak 2 dosis dengan jarak terpisah 1 hingga 2 bulan. Dosis pertama diberikan pada Agustus 2022 dan dosis kedua akan diberikan pada November 2022.

Lalu bagaimana dengan wanita dewasa yang ingin mendapat vaksin kanker serviks gratis?

Budi Gunadi mengatakan jika ada penelitian lebih lanjut terkait vaksin HPV, rentang usia vaksinasi HPV gratis akan diperluas.

"Mudah-mudahan teknologi kedepannya, mengenai vaksinasi HPV berkembang, sehingga bisa memperluas cakupan, sama seperti vaksin Covid-19 yang usia pemberiannya terus berkembang."

Demikian penjelasan singkat tentang vaksin kanker serviks gratis untuk siapa. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjawab rasa penasaran kalian.

Sumber : Suara.com

0 comments: