Yuk Simak, Ini 2 Tradisi Unik Puasa Ramadhan di Arab Saudi

Kamis, April 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Berbeda dengan Indonesia yang melakukan puasa pada hari Minggu 03/04/2022, Pemerintahan Arab Saudi mengumumkan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 02/04/2022.

Hal ini diumumkan oleh Ibrahimi Al-Jarwan, dikutip dari laman web moroccoworldnews.com dijelaskan bahwa Ibrahimi Al-Jarwan sebgagai anggota Ilmu Astronomi dan Luar Angkasa Serikat Arab, mengumumkan secara resmi puasa ramadan untuk wilayah Arab Saudi jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Al-Jarwan yang juga menjabat sebagai Ketua Komunitas Astronomi Emirat, mengatakan ini juga dibarengi dengan Negara sekitar yang berpenduduk muslim, melakukan awal puasa di tanggal yang sama. 

Di Arab Saudi tradisi puasa Ramadhan memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari penyambutan Ramadhan, cara berbuka, menu masakan dan banyak hal lainnya, berikut adalah tradisi tahunan di bulan Ramadhan yang dilakukan di Negeri Arab Saudi : 

1. Tradisi berbuka bersama dengan cara berhadap-hadapan 

Jika kalian di Arab Saudi, tradisi buka bersama disana jelas berbeda dengan di Indonesia, disana kalian akan makan sajian berbuka dengan cara duduk baris berhadap-hadapan.

Berbeda dengan Indonesia, yang biasanya sekedar dibagikan dan tidak mengatur cara makan, disana menu berbuka sudah ditata agar nantinya dimakan dengan tertib. 

2. Tradisi meriam, sebagai pertanda datangnya bulan Ramadhan

Mereks menyebutnya dengan ‘Meriam Ramadan’ sebuah tradisi yang dilakukan di Arab Saudi. Apabila suara meriam sudah menggema di langit Arab, tandanya bulan suci Ramadan telah tiba dan masyarakat bersiap melakukan ibadah puasa. Meriam tersebut biasanya sengaja digunakan sebagai tanda berbuka puasa.


Meriam yang ditembakkan saat penyambutan ramadhan diletakkan di gunung sebelah timurnya Masjidil Haram. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Jabal Midfa atau Gunung Meriam.

Kalau kebetulan kalian berpuasa di Makkah, jangan kaget dengan dentuman meriam tersebut, ya. Itu tandanya saatnya buka puasa tiba.

Tradisi ini juga dijalankan di negara-negara Timur Tengah lainnya seperti Mesir dan Uni Emirate Arab. Namun, tradisi meriam ramadan di Saudi adalah yang paling terkenal. bagi warga Saudi khususnya Mekah meriam ramadhan memiliki nilai histori tersendiri. Tradisi ini  dijalankan lebih dari 70 tahun lalu, bersamaan dengan terbentuknya kepolisian Arab Saudi


Sumber : suara.com

0 comments: