Zakatan Tradisi Unik Pada Hari Raya Lebaran

Selasa, April 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Berbicara tentang tradisi memang tidak pernah ada habisnya. Indonesia merupakan negara yang majemuk dan memiliki banyak tradisi. Tradisi merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan sejak dahulu dan dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi bagian kehidupan masyarakat sampai sekarang.

a

Menurut Soerjono Soekamto berpendapat bahwa, tradisi merupakan kegiatan suatu kelompok masyarakat yang dilakukan berulang-ulang dan langgeng. Berbicara mengenai sebuat tradisi yang ada di Indonesia memang menjadi hal yang sangat menarik untuk di pelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu tradisi yang ada Indonesia adalah Tradisi Zakatan.

Tradisi Zakatan merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat islam pada saat hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Tradisi Zakatan ini hampir sama dengan Tradisi Angpao yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa. Pada umumnya masyarakat muslim akan mencari dan menukarkan uang kepada pihak BANK mulai dari Rp. 2000 - Rp. 20.000 rupiah.

Tradisi ini dilakukan dengan cara tuan rumah memberikan Zakatan berupa uang dengan nominal tertentu. Pada umumnya individu yang menerima Zakatan ini adalah anak-anak dari pihak keluarga, tetangga dan sahabat yang bersilaturrahim. Nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi ini adalah nilai kereligiusan dan nilai sosial. Nilai kereligiusan dari tradisi ini adalah sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas keberkahan hidup, sedangkan nilai solidaritas pada tradisi ini adalah mampu mempererat Ukhuwah Islamiya.


Sumber : kumparan.com

0 comments: