5 Cara Kendalikan Keinginan Belanja: Bikin Pos Keuangan

Sabtu, Mei 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

5 Cara Kendalikan Keinginan Belanja: Bikin Pos Keuangan
Ilustrasi belanja.[pexels.com/Andrea Piacquadio]

Suara.com - Berbelanja adalah godaan bagi siapa saja. Untuk itu cara kendalikan keinginan belanja perlu dilakukan agar keuanganmu tidak bocor. Di samping itu, kebutuhan pokok pun tetap bisa terpenuhi. 

Gelap mata di saat balanja ternyata tidak hanya menjangkiti perempuan, laki-laki pun berpotensi mengalami hal yang sama. Jika perempuan cenderung tergoda ke produk-produk fashion, maka laki-laki biasanya lebih tergoda untuk barang-barang otomotif. Jika kamu termasuk salah satunya dan sudah dalam tahap akut, lima cara kendalikan keinginan belanja ini bisa diterapkan. 

1. Buat fixed-budget untuk belanja setiap bulan

Kamu perlu membuat fixed-budget atau anggaran yang pasti untuk kebutuhan belanja dan bersenang-senang. Jika dana itu sudah habis, maka jangan gunakan pos anggaran lain untuk berbelanja kebutuhan tersier. Fixed-budget juga berguna agar keuangan atau tabunganmu lebih terkontrol.

2. Bikin pos keuangan

Pos keuangan yang jelas setiap bulan berguna agar kamu menggunakan uang sesuai peruntukannya. Jangan sampai uang untuk kebutuhan penting lain malah digunakan untuk berbelanja. Jika demikian, hasrat untuk berbelanja yang tak terkendali justru mengacaukan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Pos keuangan yang jelas juga bisa menjadi pengingat jika uang akan digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih penting. 

3. Uninstall Aplikasi Marketplace

Cara lain agar tidak mudah kalap berbelanja adalah dengan meng-uninstall aplikasi marketplace di handphone. Dengan begitu kamu nggak akan terus-terusan melihat model-model baru dari barang yang kamu suka dan terpicu membelinya. Jika tidak ingin menghilangkan aplikasi ini dari ponsel, batasi penggunaannya. Kamu bisa membuka marketplace hanya di hari atau jam tertentu. 

4. Terapkan Hidup Minimalis

Hidup menemalis hanya dengan memiliki apa yang dibutuhkan tengah ngetren saat ini. Pasalnya, tuntutan hidup yang begitu besar dan cepat membuat banyak orang justru ingin hidup lebih lambat dan menikmati apa yang dimiliki. Hidup minimalis juga menerapkan konsep secukupnya di mana kita tidak harus memenuhi setiap keinginan. 

5. Tabung Gaji di Awal

Menabung gaji di awal waktu dengan rekening terpisah juga bisa diterapkan untuk menghindari gaya hidup boros. Buat tujuan keuangan lebih besar agar memiliki semangat menabung, misalnya untuk membayar DP rumah atau mendaftar haji yang membutuhkan biaya tinggi. 

Sumber : suara

0 comments: