5 Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia, Indonesia Bukan yang Pertama

Sabtu, Mei 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi bahasa | Foto: Getty Images
Persebaran bahasa di seluruh dunia bisa dikatakan tak merata. Lantaran hal tersebut, banyak negara dengan beragam bahasa dan tak sedikit pula yang hanya menguasai segelintir saja.
Keuntungan memakai dua bahasa dengan baik alias dwibahasa yakni meningkatkan keterampilan linguistik dan komunikasi serta memiliki dampak positif yang jauh lebih luas pada otak. Selain itu, keuntungan sosial dan budaya juga didapat sebagai dwibahasa.
Situs The Ethnologue memeringkatkan beberapa negara yang memiliki banyak bahasa. Adapun pemeringkatan hanya melihat jumlah bahasa yang digunakan sebagai bahasa utama di setiap negara, bukan mengukur jumlah orang yang notabene dwibahasa.
Berangkat dari sana, berikut lima negara teratas dalam peringkat tersebut.

5. Amerika Serikat

Peringkat kelima dari negara dengan bahasa terbanyak di dunia adalah Amerika Serikat. Setidaknya ada 337 bahasa yang digunakan masyarakat di AS untuk berkomunikasi sehari-hari.
Negeri Paman Sam sendiri diketahui tak punya bahasa resmi. Namun, ada tiga yang paling banyak digunakan, yakni bahasa Inggris, bahasa Spanyol, dan bahasa Hawaii. Data yang dihimpun mengatakan 21,6 persen warga AS berbicara selain Inggris di rumah.

4. India

Sebagai negara dengan populasi terbanyak di dunia, India juga ternyata masuk dalam daftar pemilik bahasa paling beragam dengan total 427. Faktanya bahkan, enam persen dari total bahasa di dunia ada di India.
Bahasa nasional Negeri Paman Shah Rukh Khan tersebut ada cukup banyak, yakni setidaknya ada 23 termasuk Tamil, Urdu, Sanskrit, Hindi dan sebagainya. Hanya saja, Secara de facto, bahasa nasional India adalah bahasa Hindi.

3. Nigeria

Nigeria yang merupakan negara di Afrika Barat memiliki lebih dari 250 kelompok etnis. Dari sana, Nigeria pun termasuk negara dengan bahasa terbanyak, yakni memiliki total 527 bahasa.
Hanya, sebagai negara eks jajahan Inggris, bahasa nasional di tempat kelahiran John Obi Mikel tersebut adalah bahasa Inggris. Sementara bahasa Inggris Nigeria dan Pidgin Nigeria jadi bahasa kedua dengan total dipakai setidaknya 60 juta orang.

2. Indonesia

Ilustrasi sejarah bahasa Indonesia Foto: Instagram/ @pustekkom_kemdikbud
Beragam suku dan budaya membuat Indonesia berada di posisi kedua dengan negara paling banyak bahasa di dunia. Total jumlah bahasa yang digunakan rakyat Tanah Air adalah 715 dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.
Diputuskannya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yakni pada 18 Agustus 1945. Ketika itu, Undang-Undang Dasar 1945 disahkan sebagai UUD RI. dari sana pula disebutkan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.

1. Papua Nugini

Bukan Indonesia, ternyata yang memiliki bahasa terbanyak adalah Papua Nugini. Sang negara tetangga memiliki 125 bahasa lebih banyak, yakni total 840. Jumlah tersebut nyaris 12 persen dari keseluruhan bahasa di dunia.
Mengenai bahasa nasional, Papua Nugini memilih Tok Pisin, Hiri Motu, dan bahasa Inggris. Pada Mei 2015, Bahasa Isyarat Papua Nugini jadi bahasa nasional keempat yang digunakan oleh populasi tuli di seluruh negeri. (bob)

Sumber : kumparan.com

0 comments: