5 Sungai Paling Tercemar di Dunia, Salah Satunya Indonesia Punya

Sabtu, Mei 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 05 24 408 2599548 5-sungai-paling-tercemar-di-dunia-salah-satunya-indonesia-punya-JL6UH3f5SU.JPG

SUNGAI merupakan sumber kehidupan utama karena menyediakan air tawar, yang sangat penting bagi kelangsungan hidup flora dan fauna.

Sayangnya beberapa sungai di dunia tercemar akibat pembuangan limbah pabrik maupun limbah rumah tangga secara besar-besaran.

Melansir dari laman Conserve Energy Future, berikut ini ada beberapa daftar sungai tercemar di dunia. Salah satunya berasal dari Indonesia.

1. Sungai Gangga, India

Sungai Gangga merupakan sungai ketiga terbesar di dunia. Terletak di India sungai Gangga dianggap sebagai sungai paling suci.

Orang-orang Hindu percaya bahwa sungai membersihkan orang dari dosa-dosa mereka. Sayang, sungai itu tercemari oleh limbah mentah ke sungai sehingga menyebabkan polusi besar-besaran.

Sungai Gangga

2. Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Sungai terpanjang di dunia yang membentang dari utara Amerika Serikat. Sayangnya sungai Mississippi jadi salah satu sungai paling tercemar di dunia, dikarenakan adanya pembuangan limbah industri di sungai ini.

Banyak limbah berasal dari industri dan petani yang menggunakan bahan kimia berbahaya dan membuangnya ke sungai.

3. Sungai Marilao, Filipina

Sungai Marilao merupakan salah satu sungai paling tercemar di dunia yang juga digunakan sebagai sumber air minum dan irigasi.


Sungai yang terletak di sebelah utara Manila ini sangat kotor akibat adanya pembuangan sampah rumah tangga, plastik, limbah pabrik, limbah pengolahan emas.

4. Sungai Kuning, China

Sungai Kuning memiliki endapan kuning 'loess' yang dikaitkan dengan warna kuningnya. Sungai yang membelah bagian tengah Tiongkok dan bermuara di Laut Bohai.

Sungai ini melewati berbagai area industri besar di China tak heran itu yang membuat sungai kuning menjadi tercemar. Lantaran jadi tempat pembuangan berbagai limbah industri dan pertanian.

5. Sungai Citarum, Indonesia

Terakhir Sungai Citarum, Indonesia. Sungai Citarum terletak di Provinsi Jawa Barat, dan mengalir dari Kabupaten Bandung hingga Karawang.

Sungai terpanjang di Jawa Barat ini sangat kotor dan dipenuhi berbagai sampah plastik serta buangan rumah tangga. Ditambah buangan limbah pabrik yang ada di sepanjang area aliran sungai.


Sumber : OKEZONE

0 comments: