5 Tips Gampang Atasi Mabuk Laut

Jumat, Mei 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Mabuk Laut. (Foto: Toohighortullo.wordpress.com)

MUDIK tahun ini memang dilakukan oleh banyak orang, mengingat tidak ada lagi pembatasan mudik seperti dua tahun sebelumnya. Pembebasan ini pun membuat jalur mudik pada merayap dan menjadi lautan mobil.

Bukan hanya jalur darat saja, kondisi yang sama pun terjadi di pelabuhan. Bahkan, di pelabuhan Merak kemacetan terjadi hingga 20 kilometer. Tidak heran memang, mengingat banyak orang yang mudik menggunakan kapal laut.

Tapi, berbeda dengan jalur darat, naik kapal memang bisa membuat beberapa orang mabuk laut. Mabuk laut biasanya terjadi karena tubuh dan mental tidak siap merasakan guncangan kapal atau terpaan angin yang memicu gejala pusing, mual, dan muntah. Mengalihkan diri dari penyebab mabuk laut adalah solusinya, seperti berikut.

Minum obat

Baik obat herbal seperti jahe atau cengkeh dan obat farmakologi seperti antimual dan obat pusing akan membantu atasi mabuk. Ini lebih efektif daripada minum obat antimabuk yang hanya akan memicu kantuk.

Kapal Feri

Pindah ke posisi dengan sedikit guncangan

Gejala mabuk bisa dirasakan karena guncangan ombak di tempat Anda berada. Hindari tempat itu dengan mencari tempat lain yang tidak terguncang terlalu kuat saat melalui gelombang besar.

Hindari tempat berbau tak sedap atau pengap

Bau solar dari knalpot kapal, air kencing di toilet, atau udara pengap ruangan harus Anda hindari jika itu yang menyebabkan Anda mabuk laut. Sebaliknya, carilah posisi yang tidak berpolusi dan memiliki aliran udara yang lebih segar.

Pakai jaket atau lapisan pakaian tebal

Terpaan angin dan udara dingin juga menjadi faktor Anda bisa mabuk di atas kapal. Melapisi tubuh Anda atau orang lain yang sedang mabuk dengan pakaian lain yang lebih tebal mungkin akan membantu atasi mabuk. Tapi jangan sampai ini mengganggu pernapasan korban mabuk.

Jangan fokuskan mata pada benda jarak dekat

Sibuk dengan gadget, buku, memasang alat pancing atau apapun yang membuat mata harus fokus dengan benda jarak dekat bisa memicu sakit kepala dan rasa mual. Hindari semua kegiatan itu dan pilihlah untuk melihat pemandangan yang lebih luas atau tutup mata dan tidur.




Sumber : okezone.com

0 comments: