5 Tips Jitu Atasi Mabuk Perjalanan saat Traveling dengan Kapal Laut

Senin, Mei 09, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kapal Pelni bersandar di Pelabuhan Tenau, Kota Kupang, NTT (Antara)

KAPAL laut menjadi salah satu moda transportasi umum yang cukup banyak diminati masyarakat, baik untuk pergi liburan maupun mudik ke kampung halaman. Kapal laut memang jalannya lebih lambat dibandingkan pesawat.

Dikarenakan lamanya perjalanan menggunakan kapal laut, tak sedikit para penumpangnya tidak tahan alias mabuk laut. Kepala pusing, lemas, mual dan kadang meriang. Hal tersebut gejala umum yang biasa dialami bagi orang mabuk laut.

Lantas bagaimana cara mengatasinya agar tidak mabuk laut? Terlebih saat ini para pemudik lebaran 2022 cukup banyak yang menggunakan kapal laut sebagai transportasinya. Berikut tipsnya, seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Dehidrasi menjadi salah satu faktor, mengapa orang bisa mabuk laut. Oleh karena itu, Anda harus menjaga serta mencukupi kebutuhan cairan sebelum perjalanan melintasi laut dimulai.

Jika kekurangan cairan, maka tak dipungkiri Anda akan merasa lemas. Ditambah lagi apabila kondisi kapal serta lingkungan selama perjalanan tidak nyaman.


2. Makan Secukupnya

Mengisi perut supaya tidak kosong sebelum perjalanan laut dimulai memang penting. Hal ini guna mencegah terjadinya Anda masuk angin, dan juga bisa menambah tenaga.

Akan tetapi jangan lupa, sebelum berangkat makan lah secukupnya agar lambung dan usus Anda tidak terlalu terbebani. Hindari juga makan-makanan pedas atau terlalu asam. Alih-alih ingin fit saat perjalanan, malah menjadi mabuk laut karena makan sembarangan.

3. Minum Obat Anti Mabuk atau Minuman Herbal

 

Cara agar Anda tidak merasakan mabuk laut, yaitu setelah makan minumlah obat anti mabuk dan ini sebagai pencegahan utama. Sehingga perjalanan menjadi lancar serta nyaman.

Kemudian, Anda bisa juga mengonsumsi minuman herbal seperti jahe dan kunyit. Kedua jenis herbal ini berguna menjaga kondisi tubuh Anda selama perjalanan laut, mencegah masuk angin dan menghindari mabuk.


4. Hindari Banyak Main Gadget

Saat ini gadget bisa menjadi pelipur ketika Anda bosan, termasuk saat dalam perjalanan laut. Anda bisa bermain games, sosial media, dan lainnya. Namun selama dalam kapal laut disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakan gadget.

Terlalu banyak bermain dan fokus terdapat gadget, bisa memicu mabuk laut selama perjalanan karena mata secara tidak langsung akan merasa kelelahan. Jadi usahakan Anda melihat hal-hal yang bergerak seperti memandang laut luas, hingga langit berawan.


5. Tidur dan Cari Tempat Istirahat

Apabila Anda mulai merasakan gejala mabuk, carilah lokasi yang nyaman untuk memulihkan kondisi. Hindari posisi dengan guncangan atau getaran yang membuat Anda mual di atas kapal, termasuk hindari lokasi yang mengeluarkan bau tak sedap, seperti toilet atau dekat mesin beruap.

Dengan istirahat dan tidur akan membantu memulihkan kembali kondisi tubuh Anda, jika sudah merasa lelah juga mual akibat mabuk laut.


Sumber : okezone.com

0 comments: