5 Tips Memulai Bisnis Kos-Kosan: Perhatikan Harga, Tempat, dan Fasilitas

Kamis, Mei 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

5 Tips Memulai Bisnis Kos-Kosan: Perhatikan Harga, Tempat, dan Fasilitas
Ilustrasi

Suara.com - Berbisnis properti, salah satunya kos-kosan, merupakan jenis bisnis yang menjanjikan. Tips memulai bisnis kos-kosan berikut bisa diperhatikan agar yang kamu tawarkan menarik di mata calon pelanggan. Berikut lima tips memulai bisnis kos-kosan. 

1. Pahami Kebutuhan Sasaran Pelanggan 

Menyesuaikan ketersediaan barang dengan kebutuhan pelanggan adalah kunci pertama agar bisnis cepat laku. Begitu pula dengan bisnis kos-kosan. Pahami kebutuhan dan sasaran pelanggan penyewa kamar kos. Kamar kos yang dibangun di kawasan perkantoran akan berbeda dengan yang berada di kawasan sekolah atau kampus. Pasalnya alokasi biaya setiap individu untuk kebutuhan tempat tinggal pun berbeda. 

2. Fasilitas Bersaing

Pertimbangan selanjutnya ketika memilih kos-kosan adalah kelengkapan fasilitas. Meliputi fasilitas yang ada di dalam kamar, hingga skema pembayaran listri, air, wifi, dan kebersihan. Sebagian besar pencari kos-kosan cenderung memilih kos dengan pembayaran all in meliputi sewa kamar dan operasional sehingga mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lain-lain. Pertimbangkan pula fasilitas bersama seperti dapur, ruang tamu, dan tempat parkir terutama yang bisa mengakomodasi mobil. 

3. Pemilihan Lokasi

Membangun kos-kosan perlu dilakukan di tempat strategis. Misalnya saja di sekitar kampus yang memiliki banyak perantau. Selain itu bisa juga di pusat-pusat pabrik atau perkantoran. 

4. Harga Ramah Kantong

Penentuan harga menjadi hal yang krusial bagi pengelola kos-kosan. Harga biasanya dibedakan berdasarkan luas kamar dan fasilitas. Patokan paling umum adalah apakah kamar tersebut dilengkapi fasilitas kamar mandi dalam, AC, dan non-AC. Bisa juga karena jaraknya yang dekat dengan jalan-jalan utama atau pusat keramaian tertentu. Di Jakarta standar harga kos dengan kamar mandi luar dan non-AC adalah Rp1 juta. Harga bisa bertambah mahal jika ada penambahan fasilitas. 

5. Konsep Kos Unik 

Selain aspek kenyamanan, beberapa pelanggan kos-kosan biasanya mempertimbangkan konsep kamar yang unik dan fancy sebagai nilai tambah. Konsep yang unik dipercaya bisa membuat penghuninya betah berlama-lama. Konsep-konsep seperti mediteranian yang terbuka atau industrial sekarang tengah ngehits di kalangan para milenial. Dua konsep ini bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin membangun kos-kosan.

Namun, perlu diingat membuat kamar dengan konsep tertentu memerlukan budget lebih meskipun bisa menaikkan harga sewa. 


Sumber : suara

0 comments: