7 Boneka Paling Seram di Film Horor

Kamis, Mei 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Film-film horor memiliki berbagai macam formula untuk memancing rasa takut dari penonton. Hal tersebut biasa dilakukan mulai dari jumpscare, adegan yang penuh darah, sampai memunculkan sosok-sosok mengerikan. Sosok mengerikan tersebut tidak sebatas hantu saja, namun bisa pula dalam bentuk lainnya seperti boneka.

Pada umumnya, boneka dianggap sebagai mainan anak-anak. Namun dalam film horor, boneka bisa jadi sosok mengerikan yang dapat memberikan teror pada siapapun.

Lantas boneka apa saja kah yang layak disebut paling seram? Berikut daftarnya

1. Child's Play (1988)
Cuplikan film Child's Play (1988) yang menampilan boneka Chucky.Sosok Chucky merupakan boneka yang paling mengerikan dan ikonik jika berbicara tentang boneka dalam film horor. Boneka tersebut pertama kali muncul dalam film Child's Play yang pertama kali dirilis pada tahun 1988.

Boneka Chucky merupakan medium dari arwah pembunuh berantai bernama Charles Lee Ray. Chucky dikenal sangat brutal dan kejam ketika membunuh korban-korbannya. Maka tak heran jika Chucky menjadi karakter yang sangat ikonis. Hingga saat artikel ini ditulis, Child's Play sudah memiliki delapan film dengan Chucky selalu menjadi antagonis utama.

2. Saw (2004)
Film pertama Saw pada tahun 2004 merupakan film garapan James Wan yang membuat namanya dikenal banyak orang. Dalam film tersebut, terdapat sosok boneka bernama Billy. Boneka tersebut merupakan media bagi John Kramer untuk berkomunikasi dengan para korbannya.

Boneka Billy pada awalnya merupakan boneka yang ingin diberikan Kramer pada anaknya yang akan lahir, oleh karena itu wujudnya tidak terlalu seram. Namun, anaknya tewas ketika dalam kandungan yang membuatnya murka dan ingin membalaskan dendam pada siapapun yang terlibat.

3. Dead Silence (2007)
Setelah sukses dengan Saw, pada tahun 2017 James Wan kembali hadir dengan film horor terbarunya yang berjudul Dead Silence. Lagi-lagi Wan kembali menghadirkan boneka bernama Billy. Namun boneka tersebut merupakan boneka untuk ventriloquist (suara perut) yang digunakan oleh Mary Shaw.

Boneka tersebut menjadi teror setelah Shaw meninggal akibat lidahnya dipotong setalah mengalami kejadian yang memalukkan baginya. Setelah kejadian tersebut, Arwah Shaw mencoba balas dendam pada sejumlah orang menggunakan boneka ventriloquist miliknya
.
4. Annabelle (2014)
Annabelle merupakan boneka mengerikan yang muncul dalam Conjuring Universe, bahkan menjadi sosok boneka paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Berkat kepopulerannya, Annabelle memiliki tiga film solo dalam universe tersebut.

Melalui film pertamanya yang dirilis pada tahun 2014, penonton diperlihatkan bagaimana asal-usul boneka tersebut. Boneka Annabelle pada awalnya merupakan medium untuk arwah gadis dengan nama sama.

Namun, Ed dan Lorraine Warren mengungkapkan jika boneka tersebut merupakan iblis yang haus akan jiwa manusia. Mengetahui hal tersebut, Ed dan Lorraine Warren mengunci boneka Annabelle dalam sebuah lemari kaca.

5. The Boy (2016)
The Boy mengisahkan tentang Greta Evans, pengasuh asal Amerika yang mendapatkan pekerjaan di sebuah kota kecil di Inggris. Dia mendapatkan pekerjaan yang aneh karena dia harus merawat boneka porselen bernama Brahms.

Pekerjaan Greta tidak mudah karena banyak kejadian aneh ketika dia mengasuh boneka tersebut mulai dari pindah atau hilangnya barang sampai adanya suara anak kecil.

Pada film pertamanya, kejadian-kejadian aneh tersebut diakibatkan oleh pria dewasa yang bersembunyi dibalik tembok rumah. Namun pada sekuelnya yang rilis pada tahun 2020, terungkap jika boneka tersebut terdapat sosok iblis di dalamnya yang mempengaruhi bocah laki-laki untuk berbuat jahat.

6. The Doll (2016)
The Doll adalah film horor Indonesia garapan Rocky Soraya yang mengadaptasi kisah teror boneka yang berasal dari urban legend di Bandung. Boneka tersebut menyimpan dendam seorang anak yang dibunuh dalam sebuah perampokan.

Kisah berawal ketika Daniel menemukan boneka di tempat kerjanya. Boneka tersebut akhirnya diberikan kepada istrinya, Anya. Namun, tetangganya yang bernama Niken terkejut ketika mengetahui Anya menyimpan boneka tersebut. Pasalnya, Niken mengetahui asal-usul boneka tersebut dan memperingatkan mereka untuk menyingkirkannya. Namun hal tersebut tidak dihiraukan oleh pasangan tersebut.

7. Sabrina (2018)

Sabrina merupakan spin-off dari The Doll 2 dan masih disutradarai oleh Rocky Soraya. Film ini menceritakan mengenai boneka Sabrina yang menjadi sosok antagonis dalam film The Doll 2. Cerita berfokus bagaimana asal-usul dari boneka Sabrina.

Suatu hari, seorang anak bernama Vanya merindukan sosok ibunya yang telah tiada. Dia bermain permainan pemanggilan arwah, yaitu Pensil Charlie. Namun, hal yang tidak terduga terjadi karena arwah yang dipanggil bukanlah ibunya, namun arwah jahat bernama Baghiah. Arwah tersebut kemudian merasuki boneka Sabria yang menghantui keluarga dari Vanya.

Itulah film-film horor yang menghadirkan teror dari boneka. Film-film tersebut dapat memberikan rasa takut pada boneka yang biasa menjadi mainan anak-anak, bahkan dapat menjadi mimpi buruk karena kengerian dari boneka tersebut. Mana yang menjadi favorit kamu?


Sumber :detik

0 comments: