8 Tips Menyiapkan Dana Liburan Bersama Keluarga

Sabtu, Mei 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi liburan keluarga Foto: Shutterstock
Apabila Anda dan keluarga sedang jenuh dengan rutinitas sehari-hari, merencakan liburan bersama mungkin bisa menjadi aktivitas yang mengembalikan lagi semangat kalian. Ya Moms, berjalan-jalan bisa menjadi salah satu solusi mencari hiburan sekaligus menghabiskan waktu bersama di akhir pekan nanti.
Merencanakan liburan bersama keluarga perlu persiapan matang agar berjalan sesuai rencana. Memilih lokasi berlibur pun harus disesuaikan dengan budget. Jangan sampai memaksakan diri liburan ke luar kota atau luar negeri, tapi harus mengorbankan uang tabungan atau bahkan sampai mengutang!
Berikut adalah beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur dana liburan bersama keluarga, dikutip dari World Trips:

1. Tentukan Lokasi Liburan

Menentukan lokasi liburan dan destinasi wisata yang ingin didatangi akan menentukan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan. Bila tujuan lokasi tidak terlalu jauh, maka biaya yang dibutuhkan pun lebih sedikit. Pikirkan juga apabila ingin pergi ke lebih dari satu lokasi, yang sebisa mungkin jaraknya tidak berjauhan sehingga dapat didatangi semua dalam satu hari.

2. Transportasi yang Digunakan

Pikirkan matang-matang transportasi apa yang akan digunakan selama berlibur agar tidak menguras kantong. Bila jaraknya tidak terlalu jauh, maka menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil bisa menjadi pilihan. Namun jika tujuan liburan menyeberang pulau bahkan negara, maka pesawat terbang jadi solusi terbaik.

3. Tempat Penginapan

Yang tak kalah penting adalah menyiapkan penginapan, entah itu hotel, guest house, atau penginapan lainnya. Pilihlah penginapan yang ramah anak, seperti memiliki kolam renang hingga area bermain indoor dan outdoor. Nah, tips untuk menghemat biaya penginapan adalah Anda bisa melakukan reservasi dari jauh-jauh hari. Selain itu memastikan dapat kamar jauh-jauh hari, juga biasanya harganya lebih murah ketimbang mendekati hari liburan.

4. Biaya Makan

Saat liburan, beberapa keluarga memilih kulineran ketimbang masak sendiri karena lebih efektif, hemat waktu, dan bisa mengeksplor makanan di daerah tersebut. Itu pilihan ya, Moms, apakah pilih masak sendiri atau kulineran. Jika menginap di hotel, Anda bisa memanfaatkan fasilitas sarapan atau mencari makanan khas yang tidak ada di daerah tempat tinggal. Siapkan anggaran makan menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Dan jangan lupa untuk membawa botol air sendiri, karena beberapa tempat kini sudah menyediakan tempat pengisian air minum, lho!
Ilustrasi keluarga liburan bersama. Foto: Kencana Studio/Shutterstock

5. Rencanakan Aktivitas Liburan

Ingin main ke tempat wisata, kulineran, atau mendatangi sentra perbelanjaan? Buatlah daftar lokasi-lokasi yang ingin didatangi untuk memberikan gambaran berapa dana yang perlu disiapkan. Misalnya, biasanya lokasi wisata mewajibkan wisatawan membayar tiket masuk. Atau berapa harga oleh-oleh yang ingin dibeli agar tidak over budget. Tak ada salahnya membuat skala prioritas mana saja kegiatan yang ingin dilakukan sampai yang tidak wajib.

6. Tentukan Biaya Liburan

Setelah merencanakan semuanya, kini waktunya Anda berdiskusi dengan suami terkait dana yang perlu disiapkan. Biaya liburan ini bisa menggunakan anggaran khusus yang telah disiapkan sebelumnya, atau menyepakati ambil dari tabungan bersama. Jika perencanaan biaya ini dilakukan matang, maka bukan tak mungkin pelaksanaannya nanti lebih akurat.

7. Siapkan Dananya dengan Menabung

Ada banyak cara untuk membuat rencana liburan ini terealisasi, Moms. Salah satu caranya adalah menabung dan uang yang terkumpul khusus digunakan untuk liburan. Anda dan suami bisa menghemat pengeluaran sehari-hari, sehingga tabungan liburan aman dan tak akan mengganggu kebutuhan lainnya.

8. Manfaatkan Diskon!

Saat ini banyak diskon yang ditawarkan aplikasi penyedia layanan tiket, maskapai, hotel, kartu kredit, hingga restoran, yang dapat Anda manfaatkan untuk menghemat biaya liburan. Jika bertepatan dengan acara travel fair, jangan lupa ikut berburu karena biasanya diskonnya lebih besar.

Sumber : kumparan.com

0 comments: