Belajar dari Kasus Johnny Depp dan Amber Heard, Ini 5 Ciri Toxic Relationship

Selasa, Mei 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments





Pasangan selebritas Hollywood, Johnny Depp dan Amber Heard masih menjadi perbincangan warganet. Perkara perceraian mereka kini melebar menjadi kasus pencemaran nama baik.

Johnny dan Amber sempat menjalani pernikahan selama dua tahun. Pasangan ini saling mengaku mendapatkan kekerasan saat berhubungan, bahkan menyebut bahwa keduanya mengalami mutual abuse atau kekerasan satu sama lain. Hubungan ini termasuk hubungan tidak sehat, bahkan dapat memberikan dampak yang tidak baik kepada masing-masing individunya.

Berkaca dari apa yang terjadi pada Johnny Depp dan Amber Heard, tidak banyak yang menyadari bahwa dirinya terjebak dalam toxic relationsip. Hubungan tidak sehat ini tak hanya berhenti pada kekerasan fisik, tetapi juga kekerasan verbal dan emosional. 

Ilustrasi cinta (unsplash.com/@kellysikkema)

Untuk menghindarinya, melansir medpage.com, berikut ini ciri-ciri hubungan tidak sehat yang harus diperhatikan.

Kurangnya dukungan terhadap satu sama lain

Tidak semua orang dapat menghadapi masalahnya sendiri, sebagian memerlukan dukungan dari orang lain untuk melaluinya. Keberadaan pasangan idealnya mampu mengakomodir kebutuhan akan dukungan tersebut.

Namun dalam hubungan tidak sehat, dukungan yang diperlukan tersebut justru tidak ada. Kondisi tersebut bisa menyebabkan seseorang mengalami kesepian dan kesendirian.

Ketidakjujuran

Hubungan yang sehat memerlukan kejujuran satu sama lainnya. Ketidakjujuran menyebabkan munculnya perasaan negatif seperti rasa curiga, insecure, dan kurangnya kontrol emosi yang dapat membuat hubungan berjalan ke arah kurang baik.

Manipulatif

Manipulatif merupakan keadaan di mana seseorang  berusaha agar pasangannya mengikuti keinginannya dengan menggunakan perasaan pasangannya. Adanya sikap manipulatif dapat merusak mental dan emosi seseorang.

Kekerasan Seksual

Apabila salah satu individu mulai merendahkan, melecehkan atau menyerang fungsi reproduksi seseorang tanpa persetujuan dua belah pihak, itu dapat dikatakan sebagai kekerasan seksual. Hal ini tidak dibenarkan dan bahkan dapat diperkarakan melalui jalur hukum.

Komunikasi yang Tidak Sehat

Komunikasi yang tidak sehat meliputi adanya teriakan, ancaman, dan silent treatment. Hal ini dapat membuat pasangan tidak nyaman dan bertanya-tanya mengenai dirinya sendiri.

Itulah beberapa contoh ciri-ciri toxic relationship. Apabila kamu atau orang terdekatmu mengalaminya, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada ahli, bahkan membawa perkara tersebut ke jalur hukum.



Sumber : SUARA 

0 comments: