Daftar 7 PO Bus Pakai Nama Pemiliknya, Ada yang Eksis dari Tahun 1990

Selasa, Mei 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

SAAT ini bus telah menjadi moda transportasi yang digandrungi masyarakat. Terlebih, angkutan bus saat ini pelayanannya semakin baik dengan armada super mewah.

Ini membuat para busmania semakin dimanjakan. Masyarakat memilih bus tidak hanya cepat, tapi juga nyaman selama perjalanan.

Tapi sadarkah kamu ada beberapa perusahaan bus yang menggunakan nama pemiliknya? Dirangkum MNC Portal, berikut tujuh PO bus yang pakai nama pemiliknya:

1. PO Budiman

Pemilik PO Budiman, H Saleh Budiman telah tutup usia. Semasa hidupnya, dia berhasil mengurus perusahaan ini hingga diteruskan oleh anaknya. Dikenal sebagai raja jalanan, tidak membuat Saleh Budiman tinggi hati. PO Budiman berdiri tahun 1990. Awalnya hanya beberapa bus saja yang melayani trayek seputar Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis. Berkat manajemen yang baik PO Budiman berkembang pesat. Apalagi saat H Dede Sudrajat turun langsung membenahi pelayanan.

2. PO AKAS

Sudah eksis sejak 1956, nama AKAS merupakan singkatan dari Ali Karman Amat Saudara yang diambil dari nama sang pemilik, Ali Karman Amat. Berkantor di Jawa Timur, PO ini memiliki lebih dari 1.500 unit bus.

3. PO Haryanto

Berasal dari Kudus, Jawa Tengah, PO bus ini sudah berdiri sejak pertengahan 2002 diberi nama sesuai nama pemiliknya, Haji Haryanto. PO bus tersebut diketahui memiliki lebih dari 300 unit kendaraan dan 2.000 karyawan. H Haryanto dikenal dermawan rajin menyantuni ribuan anak yatim, memberangkatkan umrah karyawan, serta membangun masjid setiap tahun. Dia tidak ingin usahanya hanya sebagai ladang bisnis, tapi juga ladang ibadah.

4. PO Wijaya Tour

PO bus yang memakai nama pemiliknya adalah PO Wijaya Tour. PO bus asal Jombang, ini didirikan sang pemilik yang akrab disapa Om Wijaya.

5. PO Safari Dharma Raya (OBL)

PO bus yang memakai nama pemilik selanjutnya adalah PO OBL, atau dikenal dengan nama Safari Dharma Raya. Saat didirikan pada 1950-an, PO bus ini mengusung nama OBL akronim dari nama sang pemilik, Oei Bie Lay. Satu hal yang unik dari PO ini adalah gambar empat ekor gajah yang tak pernah absen dari bodi armada mereka.

6. PO Citra Dewi

PO bus yang memakai nama pemilik selanjutnya adalah PO Citra Dewi. Perusahaan otobus asal Semarang ini dimiliki seorang perempuan yang akrab disapa Mbak Citra. Selain sukses memegang PO bus, Mbak Citra diketahui mengambil kuliah jurusan kedokteran.

7. PO Lorena

PO Bus lain yang diambil dari nama pemiliknya adalah Lorena. PO bus tersebut diambil dari nama tengah Eka Sari Lorena Soerbakti. Perempuan kelahiran 3 Juni 1969 ini adalah pimpinan salah satu perusahaan angkutan darat terbesar di Indonesia, yaitu PT Eka Sari Lorena yang didirikan ayahnya, GT Soerbakti. Pada 2010, Eka Sari Lorena menduduki jabatan sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Organisasi Angkutan Darat (DPP Organda) periode 2010—2015. Lulusan Univeristas San Fransisco, Amerika Serikat ini tidak segan terjun langsung ke lapangan menyapa para sopir bus.


Sumber : okezone

0 comments: