Ditemukan 'Bekas Cakar Raksasa' di Permukaan Mars

Rabu, Mei 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Mars menyimpan begitu banyak misteri yang menarik untuk dipecahkan. Berkat pengembangan robot penjelajah, kita bisa melihat banyak hal di Planet Merah ini.
Dalam rilis terbaru dari pengorbit Mars Express mililk badan antariksa Eropa, ESA, fitur unik geologi Mars ditampilkan dengan detail yang menakjubkan.

Seperti dikutip dari Science Alert, gambar terbaru Mars menampilkan fitur yang tampak seperti bekas cakar raksasa di permukaan planet ini. Alurnya merupakan bagian dari sistem patahan raksasa di Mars yang dikenal sebagai Tantalus Fossae.


Selain detail pada gambar, yang benar-benar mengejutkan adalah skala yang terlihat. Palung ini memiliki kedalaman hingga 350 meter dan lebar 10 kilometer, serta membentang hingga 1.000 kilometer.

Gambar tersebut adalah warna asli, yang berarti mewakili apa yang akan dilihat manusia jika mereka melihat wilayah tersebut dengan mata kepala sendiri.

Secara teknis, ini adalah gambar yang dihasilkan dari model medan digital Mars dan menggunakan saluran warna High Resolution Stereo Camera pada Mars Express. Tetapi gambar ini menyajikan pemandangan yang sangat jelas dari area yang luas.

Gambar di atas menunjukkan perspektif miring, sedangkan gambar di bawah adalah tampilan Tantalus Fossae dari atas ke bawah.

Foto: ESA

Menurut siaran pers ESA, resolusi tanah dari gambar-gambar ini kira-kira 18 meter/piksel dan gambar-gambar tersebut dipusatkan pada sekitar 43°LU/257°BT. Utara adalah ke kanan.

Fossa adalah cekungan atau depresi, dan Tantalus Fossae membentang di sepanjang sisi timur gunung berapi Mars yang relatif datar dan luas yang disebut Alba Mons.

Dalam hal luas permukaan, Alba Mons adalah gunung berapi terbesar di Mars, dengan medan aliran vulkaniknya membentang setidaknya 1.350 km. Namun pada titik tertingginya, ketinggiannya hanya 6,8 kilometer.

Fossa ini tercipta ketika Alba Mons terangkat dari kerak planet, menyebabkan area di sekitarnya menjadi bengkok dan pecah.

Foto: ESA

"Patahan Tantalus Fossae adalah contoh yang bagus dari fitur permukaan yang dikenal sebagai grabens. Setiap parit terbentuk ketika dua sesar paralel terbuka, menyebabkan batu di antara itu jatuh ke dalam rongga yang dihasilkan," jelas rilis tersebut.

Fitur serupa ditemukan di sisi barat Alba Mons, yang dikenal sebagai Alba Fossae. Gambar-gambar ini tidak hanya indah untuk dilihat, tetapi jugamembantu kita memahami lebih banyak tentang bagaimana permukaan Mars terbentuk.

Diperkirakan struktur ini tidak semuanya terbentuk sekaligus, tetapi satu demi satu, yang menghasilkan beberapa palung yang saling bersilangan.

Misalnya, kawah tumbukan yang kalian lihat di gambar memiliki graben yang melintasinya, menunjukkan bahwa kawah itu ada terlebih dahulu. Di dua gambar teratas, kalian dapat melihat kawah yang lebih kecil di sebelah kiri yang berada di atas palung dan kemungkinan lebih muda.

Mars Express telah mengorbit Mars selama lebih dari 18 tahun hingga sekarang. Para ilmuwan berharap dapat melihat lebih banyak lagi pemandangan unik planet tetangga kita itu.


Sumber : okezone.com

0 comments: