Ijo-ijo! Ngopi Sambil Berfoto dari Jembatan Kaca Berlatar Gunung di Temanggung

Selasa, Mei 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Temanggung - Ada satu destinasi di Kabupaten Temanggung yang tengah hit bernama Sigandul View. Pengunjung disuguhkan pemandangan alam nan hijau dan deretan gunung.
Lokasinya berada di wilayah Desa Tlahab, Kecamatan Kledung atau tepatnya berada di pinggir Jalan Raya Temanggung-Wonosobo, sebelum Jembatan Sigandul.

Lokasi ini bernama lengkap Sigandul View, Coffee, Resto dan Villa. Di lantai 2 ada jembatan kaca dengan ketinggian sekitar 12-15 meter. Jembatan kaca ini menjadi salah satu spot utama di Sigandul View. Dari jembatan kaca ini, saat kondisi cerah, pengunjung bisa selfie maupun foto-foto sepuasnya dengan latar belakang ijo-ijo alias pemandangan alam nan hijau dan gunung.

Masih di lantai 2, ada juga tempat untuk nongkrong maupun kongko-kongko sekalian menyeruput kopi.

Kemudian di lantai 3 ada teropong yang bisa melihat keindahan pemandangan alam di kawasan tersebut. Sedangkan di bagian bawah ada taman kelinci dan kolam ikan koi. Selain itu, tersedia pula vila bagi pengunjung yang ingin menginap.

Manager Sigandul View, Coffee, Resto dan Villa, Setiawan mengatakan tempat ini diberi nama Sigandul View karena kebetulan lokasinya berdekatan dengan Jembatan Sigandul. Di kafe ini ada beberapa spot foto yang bisa dikunjungi wisatawan.

"Di kafe ini sudah ada beberapa wisata yang memang bisa dikunjungi sudah include di kafe juga. Di sini ada kafe dan resto, untuk jembatan kaca juga spot yang paling utama. Untuk anak-anak di sini ada taman kelinci juga, ada kolam koi," kata Setiawan saat ditemui di Sigandul View

Baru dibuka Kamis (28/4) lalu, pengunjung pada akhir pekan sudah terbilang ramai. Bahkan saat libur lebaran kemarin, pengunjung menembus belasan ribu orang.

"Untuk tiket masuknya satu orang Rp 15 ribu, tapi itu sudah free semuanya. Dalam arti kita mempunyai empat spot itu sudah free semuanya, jembatan kaca, teropong di lantai 3, taman kelinci dan kolam koi," tuturnya.

"Kalau hanya sekadar ngopi di dalam kafe atau makan di dalam kafe, kita free (masuknya)," imbuhnya.

Dijelaskannya, jembatan kaca tersebut dibangun dengan ketinggian sekitar 12-15 meter. Kemudian kaca pada lantai dengan ketebalan 12 milimeter sehingga disebutnya aman untuk diinjak para pengunjung.

"Sangat safety karena itu pemasangannya ada kotak-kotak. Per kotak itu bebannya 1 kuintal. Iya (view keunggulannya). Sunrise bagus banget, jam 5 pagi hampir semua deretan gunung yang di sebelah sana kelihatan semua," jelasnya seraya menyebut Gunung Merapi, Merbabu, Slamet dan lainnya.

Di Sigandul View ini juga tersedia kopi. Bagi pecinta kopi bisa menyeruput Kopi Taman Posong yang menjadi andalan. Juga tersedia gorengan dan sop iga maupun sop buntut dengan harga terjangkau.

Disebutkannya, pengunjung Sigandul View pada libur Lebaran kemarin mencapai 17.000 orang. Pengunjung ini dihitung berdasarkan yang membeli tiket, sedangkan yang sekadar di kafe tidak dihitung.

"Kita ngitung tiga hari setelah lebaran tembus 15.000, 16.000, 17.000 (pengunjung). Kalau itu antusias besar, tapi dominan pemudik, pas di jalan utama, akses mudah banget," ujarnya.

Jam operasional Sigandul View Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB, Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 sampai 22.00 WIB.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Sartina mengaku Sigandul View merupakan tempat yang bikin betah karena pemandangan alamnya. Dari jembatan kaca bisa berfoto dengan latar belakangan pemandangan alam.

"Dengan melihat dua gunung Sindoro sama Sumbing, apalagi kalau cuaca cerah rasanya marem. Walaupun saya orang Temanggung, tapi saya kerasan," katanya.

Sumber : detik.com

0 comments: