Ini Dia 8 Rekomendasi Wisata Kepulauan Seribu

Rabu, Mei 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah administrasi di Provinsi DKI Jakarta. Berdasarkan data dari laman resmi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, kepulauan ini memiliki luas wilayah sebesar 4.745,62 km2 dengan 8,76 km2 daratan, yang terdiri atas lebih dari 110 buah pulau.

Dengan jumlah pulau yang begitu banyak, Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi utama wisata pulau dan pantai bagi warga Jabodetabek. Setelah masa pandemi, Kepulauan Seribu telah dibuka sejak akhir Oktober 2021.

1. Pulau Tidung

Pulau ini merupakan salah satu destinasi terpopuler di Kepulauan Seribu. Pulau Tidung terdiri atas dua pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Kecil. Kedua pulau ini dihubungkan oleh jembatan yang bernama Jembatan Cinta.

Pulau Tidung Besar adalah pulau berpenghuni dengan fasilitas penunjang kehidupan yang lengkap. Sedangkan Pulau Tidung Kecil merupakan kawasan penelitian dan konservasi hutan mangrove yang tidak memiliki penduduk permanen.

Daya tarik wisata pulau ini utamanya terletak di Jembatan Cinta dan wisata snorkeling serta diving. Jembatan Cinta yang menghubungkan kedua pulau ini memiliki pemandangan laut yang indah di kedua sisinya. Jembatan ini dapat dinikmati dengan bersepeda menggunakan sepeda sewaan yang tersedia. Untuk wisata snorkeling dan diving dapat dilakukan di Pulau Tidung Kecil.

2. Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu destinasi wisata Kepulauan Seribu yang menawarkan beberapa pilihan wisata pantai. Di antaranya Pantai Arsa, Pantai Setigi, Pantai Amitterdam, dan Pantai Sakura.

Selain pantai, Pulau Untung Jawa juga terkenal akan Jembatan Pelangi, kawasan mangrove, dan Jembatan Pohon Pengantin. Di pulau ini, wisatawan juga dapat menikmati beragam permainan air, dua di antaranya yaitu banana boat dan donut boat.

Daya tarik lain dari pulau ini adalah alam bawah lautnya yang menawan. Wisatawan dapat melakukan snorkeling di sekitar pulau.

3. Pulau Pari

Pulau Pari juga merupakan salah satu pulau favorit wisatawan. Pulau ini menawarkan wisata pantai dan terumbu karang yang indah. Salah satu spot paling terkenal di Pulau Pari adalah Pantai Pasir Perawan.

Wisatawan menikmati keindahan Pantai Pasir Perawan yang terletak di Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. 

Atraksi lain dari Pulau Pari adalah berbagai kegiatan air yang dapat dilakukan. Seperti watersport, snorkeling, diving, dan menanam bakau. Selain itu, travelers juga dapat menikmati keindahan pulau dengan bersepeda keliling pulau.

Di pulau ini juga terdapat lembaga penelitian biota laut milik LIPI yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Pulau Pari menawarkan wisata yang cukup lengkap, mulai dari wisata pantai, aktivitas air, hingga belajar langsung dari lembaga penelitian.

4. Pulau Pramuka

Mirip dengan Pulau Tidung Besar, Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau berpenduduk dengan fasilitas umum yang cukup lengkap. Pulau ini juga menyajikan wisata pantai yang memanjakan mata.

Selain itu, Pulau Pramuka juga dikenal akan keindahan alam bawah lautnya. Sehingga salah satu daya tarik utama dari pulau ini adalah wisata snorkeling dan diving.

Tidak hanya itu, travelers juga dapat menikmati Pulau Pramuka dengan berjemur di pantai, berenang di laut, bermain voli, hingga mengunjungi lokasi penangkaran penyu sisik.

5. Pulau Onrust

Berbeda dengan pulau lainnya, Pulau Onrust dikenal dengan wisata sejarah dan misterinya. Memiliki nama 'Onrust' yang berarti tidak tenang atau tidak pernah beristirahat, pulau ini dulunya merupakan pusat pergudangan dan lalu lintas kapal angkatan laut Belanda.

Pulau ini telah diresmikan menjadi Cagar Budaya sejak tahun 1972 oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Kini Pulau Onrust menjadi salah satu destinasi favorit untuk mereka yang mencari wisata sejarah.

Di pulau ini terdapat berbagai bangunan peninggalan Belanda. Salah satunya yaitu benteng pertahanan milik angkatan laut Belanda yang terletak di sekitar pesisir pulau.

6. Pulau Kayu Angin

Pulau Kayu Angin merupakan salah satu pulau yang dikenal memiliki spot snorkeling terbaik. Salah satu alasannya adalah visibilitas air yang cukup tinggi di pulau ini. Air laut yang berada di sekeliling pulau sangat jernih. Sehingga mempermudah wisatawan untuk melihat beragam biota yang ada di dalamnya.

Selain sebagai spot snorkeling, pulau ini juga merupakan habitat peneluran penyu. Pulau Kayu Angin merupakan cagar alam untuk peneluran penyu sisik dan penyu hijau. Sehingga di waktu-waktu tertentu, wisatawan dapat ikut menyaksikan proses bertelurnya penyu dan pelepasan penyu ke laut.

7. Pulau Perak

Pulau Perak merupakan salah satu dari tiga pulau kecil yang terletak di area Pulau Harapan. Dengan ukurannya yang kecil, pulau ini merupakan pulau tidak berpenghuni.

Sedikit berbeda dari pulau lainnya, Pulau Perak tidak hanya menawarkan wisata air. Pulau ini juga menawarkan wisata berkemah. Pengunjung dapat membawa peralatan kemahnya sendiri ataupun menyewa dari penduduk sekitar yang berada di Pulau Harapan.

Hal yang perlu diperhatikan jika berencana untuk berkemah di pulau ini adalah kondisi angin yang cukup kencang. Sehingga wisatawan perlu memastikan untuk membawa dan membangun tenda yang kokoh.

Tidak hanya untuk berkemah, pulau ini juga dikenal sebagai salah satu spot diving dan snorkeling yang direkomendasikan.

8. Pulau Macan

Merupakan pulau yang menawarkan konsep eco-resort. Di pulau ini terdapat banyak resort ramah lingkungan yang memiliki fasilitas lengkap. Terdapat beberapa cottage dengan nuansa kayu yang diberi nama menggunakan nama-nama elemen alam, seperti Drift Wood, Red Brick, Eco Wood, dan Sunset Hut,

Salah satu keunikan pulau ini adalah keberadaan Pulau Macan Kecil yang hanya dapat terlihat jika keadaan laut sedang surut. Pulau ini dapat dikunjungi wisatawan dengan berjalan kaki menyeberangi laut dari Pulau Macan Besar.

Dengan mengedepankan eco-resortnya, pulau ini biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang ingin bersantai dan berelaksasi dengan menikmati keindahan alam dan pantai. Untuk dapat menginap di resort dan berwisata di Pulau Macan, travelers disarankan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu di agen wisata Pulau Macan. Karena jumlah pengunjung di pulau ini dibatasi setiap harinya.

Untuk mengunjungi berbagai pulau yang ada di Kepulauan Seribu, travelers dapat mengikuti paket tur di agen-agen wisata ataupun berwisata sendiri. Paket yang ditawarkan di agen wisata cukup beragam, mulai dari 100 ribuan untuk paket satu hari, hingga di atas 600 ribu. Tergantung pada lama waktu berwisata dan fasilitas seperti apa yang travelers inginkan.


Sumber : detik.com

0 comments: