Mau Jadi Pengusaha Sukses? Ikuti 3 Saran Ini

Jumat, Mei 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

JAKARTA - Semua orang melalui jalan yang berbeda dalam meraih kesuksesan. Beberapa di antaranya justru mulai dari sekadar hobi atau belajar secara otodidak, tak ada persaingan mencari posisi di perusahaan besar atau bahkan kuliah.

Tentunya, kesuksesan tersebut tak diraih dalam satu malam. Meski tak menggunakan langkah umum, seorang pengusaha tetaplah berusaha pada jalur apa pun yang diambil. Beberapa di antara mereka yang kini sukses berpikir: Saran apa yang akan mereka berikan pada versi diri yang lebih muda, agar bersikap lebih baik dan percaya diri?

Berikut ulasannya seperti dikutip dari Entrepreneur.com, Kamis (26/5/2022):

1. Jangan Takut untuk Bersikap seperti Bos

Terkesan sombong? Saat memulai bisnis kecil ketika karyawan setara halnya dengan keluarga kedua, perlu untuk bersikap santai dan merangkul, berteman dengan banyak orang. Meski begitu, rintangan pastilah selalu ada, dan saat inilah diperlukan sosok bos yang sebenarnya.

Anda harus menjadi "seorang bos" yang tegas. Sebagai contoh, saat ada seorang karyawan yang mengajukan sesuatu yang tak mungkin dan akhirnya mengeluh sehingga mengganggu kinerja karyawan lain, Anda harus tegas mengambil keputusan untuk memintanya menenangkan diri. Hal ini tentu berbeda dari sekadar membiarkannya karena sikap "teman".

2. Moto: Cintai Kegiatan, Percaya dan Nilai Produk terhadap Klien

Hal paling sederhana untuk menentukan hal ini adalah dengan mengamati perasaan diri sendiri saat memulai hari di Senin pagi. Jika merasa bersemangat, besar kemungkinan Anda akan menemukan kesuksesan jangka panjang dengan perjuangan.

Namun jika tidak, saatnya mengevaluasi kembali pekerjaan dan kegiatan. Sebab, Anda akan mudah lelah bahkan burnout saat terlalu banyak membenci pekerjaan.

Terkait klien, Anda harus mengecek nilai yang bisa diberikan produk pada mereka. Jika tidak bermanfaat atau menghibur dengan cara tertentu, boleh jadi klien akan kehilangan minat. Terus lakukan pengembangan dan inovasi baru sehingga usaha Anda terasa "benar".

3. Bangun Tim dan Budaya Perusahaan dengan Telaten

Membangun perusahaan tentunya tak sekadar manual yang baik sehingga bisa menciptakan budaya besar yang luar biasa. Anda harus membangunnya perlahan, dari diri sendiri ke karyawan yang ada.

Mulailah dari menemukan karyawan berbakat dan berkualitas yang akan membantu bisnis berkembang. Ini bisa menjadi tantangan sendiri, jadilah sangat pilih-pilih dalam merekrut karyawan yang beretika.

Identifikasi ruang yang tepat untuk mereka di dalam perusahaan. Hal ini akan menghasilkan keuntungan di kemudian hari, seperti membangun perusahaan dengan karyawan yang sangat loyal berbakat, dan berkembang.

Sumber : okezone

0 comments: