Meriahnya Tradisi Lomban di Jepara, Ratusan Kapal Antar Sesaji Laut

Senin, Mei 09, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kapal nelayan berebut sesaji kepala kerbau dalam tradisi Pesta Lomban di Jepara, Senin (9/5/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng

Jepara - Prosesi larung kepala kerbau dalam rangka Pesta lomban di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah berlangsung meriah. Seratusan kapal nelayan turut ikuti proses larung sesaji ke tengah laut.
Pantauan detikJateng di lokasi, Senin (9/5) prosesi larung sesaji kepala kerbau dimulai pukul 07.00 WIB. Acara dimulai dari tempat pelelangan ikan (TPI) Kelurahan Ujungbatu Kecamatan Jepara.

Rangkaian acara mulai pembacaan doa hingga sambutan Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Setelah itu miniatur kapal yang terdapat sesaji kepala kerbau dibawa ke atas kapal untuk dilarung di tengah laut.

Pelarungan sesaji ini pun diikuti seratusan kapal nelayan. Warga sekitar pun antusias menyaksikan secara langsung rangkaian Pesta Lomban tersebut. Apalagi dua tahun belakangan tradisi larung sesaji kepala kerbau dilakukan secara sederhana dan tanpa pengunjung.

Sesaji kepala kerbau pun diperebutkan oleh para nelayan. Tampak sejumlah awak kapal pun turun untuk berebut sesaji kepala kerbau tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Jepara, Andi Kristiandi mengatakan bersyukur karena prosesi Pesta Lomba tahun ini digelar secara meriah dan dapat disaksikan oleh masyarakat. Andi sapaannya mengajak masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kembali melaksanakan masyarakat Jepara, mesti kita banggakan Pesta Lomban dan budaya untuk kita melestarikan peninggalan nenek moyang yaitu mengucap rasa syukur kita," kata Andi ketika memberikan sambutan di TPI Ujungbatu, Senin (9/5/2022).

Kapal nelayan berebut sesaji kepala kerbau dalam tradisi Pesta Lomban di Jepara, Senin (9/5/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng

Andi mengatakan Pesta Lomban ini bentuk syukur nelayan kepada Allah SWT. Apalagi diberikan hasil tangkapan ikan selama setahun ini.

"Dua tahun terakhir hasilnya tidak beberapa, tetap kita syukuri," ujar dia.

Lebih lanjut kata dia, ada beberapa rangkaian Pesta Lomban tahun ini. Mulai dari pemotongan hewan kerbau hingga ada hiburan wayang kulit yang digelar secara meriah.

"Mulai pertama potong kerbau, wayang kulit semalam dan hari ini kita larung kepala kerbau itu. Semoga dengan harapan kegiatan setiap tahun, memang beda tidak seramai ini," ujar dia.

"Dengan ini tidak hanya Jepara kota, ini semua masyarakat di Jepara. Semoga Allah akan memberikan apa yang kita harapkan, tangkapan ikan yang melimpah," harap dia.

Sedangkan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sudiyatno mengatakan Pesta Lomban ini bukan hanya milik masyarakat Jepara. Namun kata dia juga telah diakui oleh dunia.

Para nelayan menurutnya sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Ada lebih dari 100 kapal nelayan yang ikut memeriahkannya.

"Ini juga ada 109 kapal nelayan yang mengikuti larung pagi ini. Kita imbau agar tetap mematuhi aturan pemerintah," tambah dia.


Sumber : detik.com

0 comments: