Mobil Pikap Terjun ke Laut Usai Tabrakan, Begini Tips Menyelamatkan Diri Saat Kendaraan Masuk Air

Senin, Mei 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi mobil masuk ke dalam air (dok Express)


KECELAKAAN maut kembali terjadi. Kali ini terjadi di kawasan Sungai Barameh, Lubuk Begaulung, Padang, Sumatera Barat pada Ahad dini hari, 29 Mei 2022 sekitar pukul 03.30 WIB.

Melansir Antara, mobil pikap dengan nomor polisi BA 8087 BY terjun ke laut dengan ketinggian sekitar 10 meter, kondisinya mengalami rusak parah serta kaca pecah. Mobil itu terjun ke laut usai tabrakan dengan mobil jip.

"Telah terjadi kecelakaan lalu lintas antara mobil pikap dengan mobil jeep Feroza, akibat kecelakaan tersebut mobil pikap terjun ke jurang," kata Kepala Unit Penegakan Hukum Satuan Lalu Lintas Polresta Padang Ipda Arisman.

Dalam peristiwa yang terjadi di Jalan Raya Padang -Painan itu sang sopir Agustinus, 41 tahun, beserta suadaranya Suki Artulo (60) berhasil selamat setelah sempat terjun ke laut, sementara lima penumpang lainnya masih dalam pencarian tim Basarnas Padang.

Berkaca dari peristiwa ini, sebaiknya pengendara dan penumpang memahami lagi tips menyelamatkan diri saat kendaraan masuk air.

Dikutip dari laman Zneimer Law Office, setidaknya ada empat tips menyelamatkan diri saat kendaraan masuk air:

1. Jangan panik

Sebaiknya pengemudi dan penumpang tetap tenang dan jangan panik. Sebelum mobil benar-benar tenggelam, pengemudi harus menyiapkan langkah penyelamatan diri dengan cepat. Letakkan kedua tangan pada setir dengan posisi jarum jam 9 dan 3.

Benturan antara kendaraan dengan air bisa saja membuat airbag mengembang, maka jika posisi menggenggam setir salah, airbag bisa menghantam pengemudi. Waktu airbag mengembang sangat cepat, yakni 0,04 detik setelah benturan.

2. Segera buka pintu

Apabila ketinggian air belum menyentuh jendela, segera buka pintu jika memungkinkan dan keluar. Tapi jika pintu mobil tidak bisa dibuka, turunkan kaca jendela dan keluar. Jika mobil memiliki sunroof, fitur itu bisa dimanfaatkan sebagai pintu darurat yang efektif.

3. Kencangkan sabuk pengaman

Sebaiknya jangan pernah mencoba membuka pintu mobil jika kondisi mobil sudah tenggelam. Termasuk juga jangan membuka kaca mobil, karena air bisa masuk ke kabin dan semakin menenggelamkan mobil secara cepat.

Selain itu, pintu mobil tidak akan bisa dibuka sampai tekanan di dalam dan di luar kendaraan seimbang. Yang harus dilakukan adalah, kencangkan sabuk pengaman dan ambil nafas dalam. Ketika tekanan luar dan dalam seimbang, tahan nafas.

Jika pintu tetap tidak bisa dibuka, buka kaca jendela. Jangan pernah mencoba memecahkan kaca depan karena terlal tebal. Jangan lepas sabuk pengaman sampai pintu atau jendela terbuka.

4. Gunakan setir

Apabila pintu sudah terbuka, berpeganganlah pada setir baru buka sabuk pengaman, karena setir bisa dipakai untuk mendorong tubuh agar bisa ke atas. Menahan nafas sambil berpegangan pada setir akan membuatmu melayang seperti balon. Lalu segera mencoba mencapai permukaan air.

5. Dahulukan anak-anak

Apabila terdapat anak-anak di dalam mobil, buat mereka tenang dan mengambil udara sedalam-dalamnya.

Selamatkan anak-anak terlebih dahulu baru kemudian dirimu. Segera berenang ke permukaan sambil membawa anak-anak tersebut. Berenanglah menuju cahaya atau ikuti gelembung-gelembung udara pada air untuk bisa segera mencapai permukaan air.


Sumber : okezone.com

0 comments: