Nikah Unik di Jepara, Diarak 11 Kuda-Rombongan Bermobil Usung Lemari

Senin, Mei 09, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Prosesi pernikahan unik di Pakis Aji, Jepara, Minggu (8/5/2022). (Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng)

Jepara - Pernikahan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini terbilang unik. Betapa tidak, dalam perjalanan menuju rumah mempelai perempuan, mempelai laki-laki diarak naik kereta kuda.

Adalah pasangan Saifudin (22) dan Aidatul Khasanah (20), warga Desa Bulungan, Kecamatan Pakis Aji, Jepara, yang menggelar prosesi nikah unik ini. Pernikahan dimulai dengan mempelai laki-laki menuju rumah perempuan, sekitar pukul 15.30 WIB, sore tadi.


Kebetulan rumah kedua mempelai masih satu desa. Terpaut jarak sekitar 1 kilometer.

Mempelai laki-laki tampak mengenakan pakaian serba hitam dan peci. Udin, begitu sapaannya, menaiki kereta kuda dari rumahnya menuju ke tempat mempelai perempuan.

Dibelakang Udin, tampak rombongan mobil sanak saudara yang mengikuti arak-arakan tersebut. Sejumlah barang seserahan dibawa mempelai lelaki. Mulai dari lemari, meja rias, dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

Lantas hal tersebut pun membuat kehebohan bagi warga sekitar. Warga banyak penasaran keluar rumah melihat arak-arak pengantin tersebut. Tidak jarang warga juga mendokumentasi dengan memfoto arak-arakan pengantin.

Prosesi pernikahan unik di Pakis Aji, Jepara, Minggu (8/5/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng

Udin mengaku berkeinginan untuk memberikan kejutan kepada calon istrinya. Yakni dengan menaiki kuda menuju rumah mempelai perempuan. Udin juga mengaku hobi menaiki kuda. Sehingga memilih menggunakan kuda untuk arak-arakan.

"Ini menyalurkan hobi, ya suka naik kuda saja, sejak kecil hobi mengendarai kuda. Ini bawa 11 kuda. Ini sama teman dan keluarga," ujar Udin kepada wartawan ditemui di lokasi, Minggu (8/5/2022).

Dia mengaku pernikahannya digelar dengan sederhana. Mahar dan seserahan pun tidak mewah.

"Maharnya uang Rp 500 ribu. Ya arak-arakan naik kuda biar ramai. Ya kejutan ya," jelas dia.

Udin mengaku mengenal calon istrinya sejak kecil. Namun calon istrinya merupakan adik kelas ketika masih duduk di bangku sekolahan.

"Ini teman kecil lah, ketemu ya adik kelas ya akhirnya suka dan sampai menikah ini," jelas Udin yang kesehariannya buruh di Jepara.

Mempelai perempuan, Aida mengaku terkejut dengan arak-arakan tersebut. Terlebih sebelumnya belum ada rencana calon suaminya naik kuda menuju rumahnya. Meski demikian, Aida pun akan mendukung hobi yang digemari suaminya tersebut.

"Terkejut ya karena ke sini bawa kuda. Dan ini cukup unik dan lucu," ujar Aida ditemui di lokasi sore tadi.

Sementara itu acara pernikahan digelar secara khidmat. Upacara ijab kabul dilakukan dengan lancar.


Sumber : detik.com

0 comments: