Paket Wisata Banyuwangi dan Destinasi Favorit, Alamnya Menawan

Senin, Mei 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Banyuwangi bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan. Pasalnya, banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Banyuwangi. Banyuwangi sudah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata baru bertaraf internasional yang sayang dilewatkan. 

Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Mulai dari wisata alam, pegunungan, air terjun, hingga pantainya selalu menggoda wisatawan untuk berkunjung. Bahkan, pantainya tidak kalah indan dengan Bali dan mulai dilirik oleh wisatawan mancanegara.

Paket wisata Banyuwangi bisa kamu pilih dari beberapa faktor, yaitu destinasi, transportasi, dan tempat menginapnya. Berbagai destinasi terkenal seperti Kawah Ijen, Baluran, Pantai Plengkung, serta Pantai Pulau Merah tentunya sudah tidak asing di telinga para wisatawan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, tentang paket wisata Banyuwangi.

Paket Wisata Banyuwangi

Paket wisata Banyuwangi bisa kamu pilih dengan mempertimbangkan destinasi, transportasi, tempat menginap, hingga kulinernya. Berikut beberapa tips pemilihan paket wisata Banyuwangi yang perlu kamu perhatikan:

Destinasi

Pemilihan destinasi sangat penting dalam menentukan paket wisata Banyuwangi ini. Beberapa destinasi utama seperti Kawah Ijen, Pulau Merah, Teluk Ijo, Tabuhan, dan Baluran tentu ada di daftarmu. Tapi kamu harus membuat prioritas jika waktu liburanmu terbatas. Pasalnya, beberapa destinasi berjarak cukup jauh dari kota, dan tidak semua destinasi melewati jalan atau arah yang sama.

Transportasi

Transportasi publik atau umum bisa menjadi pilihan paket wisata Banyuwangi murah bagi wisatawan. Kereta, bus umum, dan moda transportasi umum lainnya bisa digunakan untuk menuju Banyuwangi. Sementara, bila sudah tiba di Banyuwangi, direkomendasikan untuk menyewa kendaraan saja. Jika datang ke Banyuwangi dengan jumlah rombongan lebih dari 2 orang, paket wisata Banyuwangi murah bisa menyewa kendaraan roda empat seperti mobil Toyota Avanza dengan tarif Rp 600.000 per hari berikut dengan sopir. Sementara apabila hanya berkunjung ke Banyuwangi berdua, maka sewa kendaraan roda dua yang tarifnya Rp 75.000 per hari.

Tempat Menginap

Memilih penginapan dalam paket wisata Banyuwangi adalah salah satu hal yang sangat penting diperhatikan. Penginapan yang nyaman, baik dari pelayanan hingga desain interior akan memengaruhi mood selama liburan. Penginapan yang murah dengan konsep yang bagus dan ramah telah menjamur di Banyuwangi. Harga penginapan di Banyuwangi ada yang berkisar mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 100.000 per malamnya.

Destinasi Paket Wisata Banyuwangi

Kawah Ijen

Destinasi paket wisata Banyuwangi yang pertama adalah Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan kawasan gunung berapi yang sampai saat ini masih aktif. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara rutin berkunjung ke sini untuk menyaksikan keindahan kawah dengan warna hijau kebiruan yang memanjakan mata. Selain itu, jika kamu beruntung, kamu bisa mendapati blue fire atau api biru yang sesekali keluar dari kawah, tentunya semakin membuat indah pemandangan.

Mangrove Bedul

Hutan Mangrove Bedul terletak di Desa Sumbersari, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi dan masih termasuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Sesuai dengan namanya, destinasi Banyuwangi wisata ini merupakan hutan mangrove yang masih alami dengan luas sekitar 2.300 hektar yang membentang sejauh 16 km. Mangrove Bedul ini disebut-sebut mirip dengan sungai Amazon di Brazil, bahkan dijuluki sebagai Amazon-nya Indonesia.

Bukan tanpa alasan, tempat wisata Banyuwangi ini disebut mirip sungai Amazon lantaran Mangrove Bedul membentuk sebuah rawa air payau dengan panjang sekitar 18,8 km dan lebar sekitar 400 meter. Di kanan dan kiri rawa ini memiliki beragam jenis Mangrove atau Bakau yang tumbuh lebat dan subur. Mengelilingi rawa  di Mangorve Bedul merupakan kenikmatan tersendiri saat berkunjung.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Taman Nasional seluas 25.000 hektar ini menyajikan suasana seperti sedang berada di padang savana di Afrika. Padang rumput berwarna kekuning-kuningan dengan Gunung Baluran yang berdiri kokoh sebagai latar belakangnya.

Taman Nasional ini memiliki 444 jenis tumbuhan yang di antaranya adalah tumbuhan asli dan mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering, serta 155 spesies burung dan 26 jenis satwa di antaranya, kerbau liar, monyet, rusa, kijang, macan tutul, kancil, kucing bakau, dan banteng yang merupakan salah satu ikon dari paket wisata Banyuwangi.

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo menawarkan ragam vegetasi yang cukup lengkap seperti hutan, pantai, savana, dan gua. Taman Nasional ini berada di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi. Sekitar 40% dari wilayah taman nasional ini ditumbuhi hutan bambu. Taman Nasional Alas Purwo memiliki kurang lebih 40 gua yang bisa disusuri langsun oleh pengunjung. Beberapa jenis fauna yang bisa ditemui di Alas Purwo antara lain banteng, rusa, babi hutan, kijang, macan tutul, lutung, kera, aneka burung, dan lainnya. Sementarai itu, ada 584 jenis tumbuhan terdiri dari herba, semak, rumput, liana, dan pohon.

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri berada dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Daya tarik dari taman nasional ini adalah hutan dan taman. Di taman nasional ini kamu bisa menemukan beragam satwa, seperti musang luwak, monyet kera, ajak, rusa, bajing terbang ekor sembilan, merak, dan penyu. Ada juga hewan liar lainnya seperti harimau jawa, kucing hutan, macan tutul, banteng jawa dan rusa. Terdapat hampir 520 jenis tanaman di sini, didominasi tanaman bunga dan obat-obatan.

De Djawatan

De Djawatan merupakan salah satu destinasi paket wisata Banyuwangi yang dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang memiliki bentuk unik, seperti di film Alice in Wonderland. Jawatan merupakan hutan wisata dengan pohon-pohon raksasa setinggi lebih dari 10 meter, sehingga terkesan seperti pohon raksasa yang dapat bergerak kapan saja. Tempat wisata alam di Banyuwangi ini, memiliki pohon Trembesi yang menjadi spot favorit wisatawan karena bentuknya yang unik.

Desa Wisata Osing Kemiren

Suku Osing merupakan suku asli yang mendiami Banyuwangi. Salah satu tempat untuk mempelajari kebudayaan Suku Osing adalah Desa Wisata Osing Kemiren. Wisata Banyuwangi ini berada di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah di Kabupaten Banyuwangi. Di desa ini, adat istiadat dari Suku Osing masih dipertahankan dan menjadi kebanggaan.

Destinasi Paket Wisata Banyuwangi

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung, adalah pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur serta berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak di Banyuwangi wisata ini mendapat julukan khusus dari para peselancar dunia, yaitu ‘The Seven Giant Waves Wonder’ yang berarti memiliki 7 gulungan ombak. Pantai Plengkung merupakan surga bagi pencinta olahraga surfing, bahkan bagi penggila surfing belum lengkap rasanya jika belum pernah datang ke sini.

Pantai Pulau Merah

Destinasi paket wisata Banyuwangi satu ini berubah nama menjadi Pulau Merah karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter yang berada di tengah pantai. Pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai. Selain itu, perpaduan kejernihan airnya yang seperti kristal dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km, tentu menjadi nilai plus bagi tempat wisata di Banyuwangi ini.

Pantai Sukamade

Paket destinasi wisata Banyuwangi untuk keluarga berupa pantai selanjutnya adalah Pantai Sukamade. Pantai dengan pemandangan yang indah ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang eksotis. Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, di Pantai Sukamade kamu juga bisa melihat berbagai jenis penyu, karena Pantai Sukamade merupakan habitat dan penangkaran penyu. Kamu bisa melihat secara langsung bagaimana penyu-penyu tersebut bertelur atau melihat pelepasan anak penyu (tukik) menuju ke laut.

Pantai Teluk Hijau

Disebut Teluk Hijau kerena airnya berwarna biru kehijau-hijauan yang disebabkan oleh alga yang tumbuh dan hidup secara bergerombolan di dasar Pantai Teluk Hijau. Selain keindahan warnanya, wisata Banyuwangi satu ini memiliki hamparan batu karang raksasa yang berada di pinggir pantai.

Bangsring Underwater

Bangsring underwater merupakan surga bagi penggila snorkeling yang termasuk dalam paket wisata Banyuwangi. Hebatnya lagi, destinasi wisata air ini dikelola secara swadaya oleh nelayan setempat dan mendapatkan penghargaan Kalpataru dari pemerintah pusat. Tempat ini berlokasi di Bangsring, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan merupakan sebuah pulau kecil yang berada di tengah Selat Bali. Pulau ini bisa ditempuh dengan kapal sewaan dari pantai-pantai di pesisir Banyuwangi. Pulau kecil ini memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Di sini pengunjung bisa melakukan penyelaman, snorkeling, keliling pulau, atau bersantai di pinggir pantai.

Sumber : liputan6

0 comments: