Resep Sirup Rumahan Sederhana, Tahan Disimpan Lama dan Murah Meriah

Rabu, Mei 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Resep Sirup Rumahan Sederhana, Tahan Disimpan Lama dan Murah Meriah
Ilustrasi sirup (Pixabay/hamarandrea90)

Di tengah cuaca terik, paling nikmat rasanya memang jika menikmati segelas es sirup. Umumnya, sirup juga dapat dengan mudah kita dapatkan di toko atau supermarket terdekat

Biasanya sirup dikemas dalam botol plastik atau kaca dengan varian rasa yang cukup beragam. Harganya tak jarang relatif mahal per botolnya.

Nah, sebagai alternatif kalian sebenarnya juga bisa membuat sirup rumahan sederhana sendiri lo. Cara membuatnya pun juga mudah dan bahan-bahannya tak sulit dicari.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak rangkuman resep sirup rumahan yang telah dirangkum dari YouTube @RestartRF dan laman Hops.id---Jaringan Suara.com berikut ini.

Bahan utama :

  • 1 kilogram gula pasir
  • 5 - 10 tetes Pasta cocopandan
  • 500 ml air mentah
  • 2 helai daun pandan
  • 1 buah jeruk nipis

Cara membuat :

  1. Pertama, tuangkan ke dalam panci 500 ml air mentah yang telah disiapkan. Lakukan langkah ini bersamaan dengan 1 kg gula pasir yang juga dituangkan seluruhnya ke dalam panci.
  2. Ikat dua helai pandan menjadi satu dan masukkan juga ke dalam panci. Tidak perlu dihancurkan, biarkan saja daun pandan terikat utuh.
  3. Kemudian iris Jeruk Nipis dan peras airnya. Masukkan air perasannya ke dalam panci tadi bersama bahan lainnya. Fungsi Jeruk di sini agar menambah rasa asam pada sirup dan menyamarkan rasa ‘enek’ sirup rumahan.
  4. Bahan terakhir yang dimasukkan adalah pasta cocopandan. Cukup tetes pasta cocopandan sesuai kekentalan warna yang diinginkan. Teteskan cukup banyak jika ingin semakin terlihat memerah.
  5. Apabila seluruh bahan telah dimasukkan, maka tahap kedua yaitu memasaknya di atas api. Panaskan kompor dan aduk kedua bahan tersebut menggunakan sendok sayur atau apapun yang kalian miliki di rumah untuk mengaduk.
  6. Tunggu hingga gula tercampur rata dan air nampak mendidih, barulah matikan kompor lalu dinginkan sirup rumahan sebentar.
  7. Langkah terakhir, masukkan sirup rumahan ke dalam botol menggunakan saringan dan simpan ke dalam kulkas atau bisa langsung kalian pakai untuk melumeri es buah segar.
  8. Es buah dengan lumuran sirup rumahan yang manis di atasnya pun siap disantap untuk berbuka puasa bersama keluarga.

Setelah selesai membuat sirup rumahan, kalian bisa letakkan sirup di dalam kulkas. Masa penyimpanan di dalam kulkas dapat bertahan hingga 6 bulan dan 3 bulan untuk penyimpanan di luar kulkas.

Wah, gimana tuh resepnya simple banget ya. Menikmati es buah dengan lumuran sirup rumahan hasil buatan sendiri untuk keluarga pasti lebih terasa wow.

Bahkan pemilik akun YouTube @RestartRF juga mencantumkan kisaran harga yang digunakan untuk membuat sirup rumahan atau homemade seperti di dalam video. Selamat mencoba!

Sumber : Suara.com

0 comments: