Santap Makanan Ekstrem di Belanda, Seperti Apa Rasanya?

Senin, Mei 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



Broodje haring (tasteatlas.com)

IKAN haring, makanan ekstrem dari Belanda yang tak jarang menjadi buruan pelancong mancanegara. Sudah pernah dengar nama makanan ekstrem ini sebelumnya?

Melansir dari Dutch Review, tradisi orang Belanda memakan ikan haring ini sudah terjadi selama berabad-abad. Ikan haring disajikan utuh tanpa kepala dan hanya diberi taburan bawang bombay serta jeruk nipis.

Sebelum disajikan, ikan haring telah dibekukan di dalam drum berisi garam selama beberapa hari. Oleh karenanya, selain amis, ikan haring juga memiliki rasa yang asin.

Menariknya, cara menyantap ikan haring terbilang cukup unik. Anda harus memegang ekor ikan dan mulai memakan dari bagian kepala yang sudah terpotong. Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun TikTok @meyhng.

Sang pemilik akun memperlihatkan sensasi pengalaman menjajal hidangan ekstrem ikan haring saat berkunjung ke Volendam yang lokasinya berada di pinggir pantai.

Cara penyajiannya terbagi menjadi dua, yakni broodje haring yang memakai roti dan haring biasa yang hanya disajikan dengan pickles dan potongan bombay. Katanya, hidangan itu memang tak memiliki bau amis, namun rasanya cukup menggelikan.

"Memang gak ada baunya sih guys, tapi berlendir-berlendir gitu. Jujur ini susah banget guys nelennya. Aku kasih rate lima dari sepuluh," ucapnya dalam video.

Menariknya, para netizen Indonesia yang ada di kolom komentar sebagian tak merasa terkejut melihat hidangan unik satu ini. Bahkan, tak sedikit yang menjadikannya sebagai hidangan favorit. Meski di sisi lain banyak juga yang mengaku enggan untuk mencobanya. "Aduhhhh kesukaaan aku bgtttt… brp itu harganya skrg?" tulis fara****. "Bagi gua ikan herring enak banget apalagi klo d tambahin kecap asin sama banyak acar," tulis xctc****.

"Enak rasanya kaya sylotka Dari Russia. gw suka," tulis elen****. "AKU PERNAH MAKANNN, ENAK BGT GURIH," tulis ridh****. "Enak itu.. aku sm mama aku suka bgt.. kalo kesana pasti beli haring," tulis rumi****. "GUE PERNAH! Dan nahan muntah plissss," tulis jups. "Heran, kenapa dah banyak yg suka haring ini. Aku nyium baunya aja dah bawaan muntah," tulis sali****. 

Sumber : okezone.com

0 comments: