Tips Makan Nasi Rendang Tanpa Takut Kolesterol Jahat

Sabtu, Mei 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Rendang lezat santapan lebaran (Foto: inst Anciiladhian)


SAAT lebaran di rumah biasanya disediakan santapan lebaran seperti rendang yang lezat. Kadang kita khawatir kalau makan nasi rendang bisa bikin kolsterol jahat naik.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dr. Vito Anggarino Damay, Sp.JP memberikan tips sehat bagi Anda yang khawatir kolesterol jahat naik usai makan nasi padang atau nasi rendang.

 nasi rendang

Pertama, dia mengingatkan Anda menyantap sayuran yang biasanya tersedia semisal timun dan rebusan daun singkong.

Dokter Vito menyarankan, Anda makan porsi sayuran lebih banyak. Sebab sayuran mengurangi penyerapan kolesterol jahat.

"Kalau kita makan, sebenarnya sayurnya banyak, minta banyakin sayurnya, karena sayur itu bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat. Jadi dia (kolesterol jahat) tidak diserap semua dan dibuang ketika buang air besar. Jadi sangat membantu kalau sayurnya banyak," kata Dokter Vito.

Selanjutnya, Anda sebaiknya mengontrol jumlah kuah santan masakan padang. Lebih baik kuah dipisah, sehingga bisa mengatur kuahnya jangan sampai harus menggenangi nasinya.

Tips sehat lainnya yakni meminum teh tawar usai makan nasi rendang. Sebab teh tawar hangat bisa membantu dalam penyerapan kolesterol jahat, membantu metabolisme kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Dengan begitu, maka teh tawar membantu agar tidak terlalu banyak kolesterol jahatnya yang terserap atau menempel di pembuluh darah Anda.

Terakhir, jangan lupa imbangi konsumsi makanan Anda dengan berolahraga rutin minimal 30 menit per hari.


Sumber : okezone.com

0 comments: