11 Aturan Berkunjung ke Angkor Wat, Dilarang Berpakaian Seksi hingga Sedekah ke Pengemis

Jumat, Juni 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



KAMBOJA merupakan salah satu negara yang memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu yang khas dari negara tersebut adalah Angkor Wat. Angkor Wat merupakan bangunan candi yang biasa digunakan untuk tempat beribadah.

Banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan bila berkunjung ke Angkor Wat. Salah satunya adalah menikmati matahari terbit hingga berfoto dengan latar candi yang mengagumkan.

Namun saat berkunjung ke Angkor Wat, banyak hal yang perlu diperhatikan. Apalagi tempat tersebut dianggap suci untuk beribadah. Nah kali ini Okezone akan merangkum aturan saat berkunjung ke Angkor Wat. Apa saja yah? Berikut ulasannya dari Your Trip Agent.

1. Gunakan pakaian tertutup

Pada 2015 lalu, terjadi kasus penangkapan dan deportasi lima wisatawan karena mereka berfoto telanjang di kawasan Angkor Wat.

Sejak saat itu, pihak Angkor Wat membuat peraturan ketat kepada pengunjung untuk menggunakan pakaian rapi, sopan, dan tertutup saat akan memasuki Angkor Wat.

Bahkan wisatawan yang menggunakan pakaian terbuka tidak bisa membeli tiket masuk. Aturan pakaian saat masuk Angkor Wat ini wisatawan dengan menutup area bahu hingga lutut.

Angkor Wat

(Foto: Instagram/@kayakokiddo)

2. Izin sebelum mengambil foto

Taman Arkeologi Angkor memiliki keindahan yang luar biasa. Bukan hanya bangunannya, tapi juga pemandangan alam sekitar. Banyak wisatawan yang ingin mengabadikan momen di tempat itu.

Namun saat mengambil foto, Anda harus meminta izin kepada tour guide terlebih dahulu. Sebab tidak semua area Angkor Wat bisa diambil gambar.

3. Menghargai dan menghormati tempat beribadah

Selain itu, wisatawan juga harus menghargai dan menghormati ketika berada di tempat itu. Dijadikan sebagai tempat beribadah, wisatawan pastinya harus berbicara sopan dan berperilaku baik.

4. Persiapkan berbagai kebutuhan

Saat siang hari, Angkor Wat memiliki cuaca yang sangat panas. Untuk itu Anda perlu menyediakan berbagai kebutuhan seperti topi, kacamata, dan juga sunblock.


Kalau wisatawan kelaparan tidak perlu khawatir, di sekitar area Angkor Wat terdapat banyak makanan dan minuman yang dijajakan oleh penduduk setempat.

5. Menghormati kuil-kuil

Di dalam Angkor Wat terdapat beberapa kuil. Wisatawan diimbau untuk tidak menyentuh, memanjat, apalagi merusak kuil. Jangan lakukan hal-hal yang dapat merusak area kuil.

6. Dilarang berisik

Bagi wisatawan yang datang ke Angkor Wat juga disarankan untuk tidak berisik. Sebab banyak masyarakat yang melakukan ibadah atau meditasi.

ilustrasi

7. Jangan merokok

Wisatawan juga dilarang untuk merokok di area kuil, sebab sangat mengganggu orang-orang yang sedang beribadah. Selain itu juga pihak Angkor Wat ingin menjaga udara di sekitarnya agar tetap bersih.

8. Baca rambu-rambu

Di beberapa area di kawasan Angkor Wat terdapat banyak rambu-rambu yang harus wisatawan taati. Misalnya aturan pintu keluar hanya untuk orang yang keluar saja. Rambu-rambu seperti itu harus diikuti wisatawan demi kebaikan bersama.

9. Dilarang buang sampah sembarangan

Hal yang tak kalah penting adalah untuk wisatawan dilarang untuk membuang sampah sembarangan. Pihak Angkor Wat menyediakan banyak tempat sampah di setiap sudut area. Bila tidak ada tempat sampah, simpan dahulu ke dalam tas nanti ketika sudah menemukan tempat sampah baru dibuang.

10. Hormati para biarawan

Saat berkunjung ke Angkor Wat kita akan melihat banyak biarawan. Terkadang kita ingin berfoto atau berinteraksi dengan mereka. Sebaiknya hal itu diurungkan. Kalaupun ingin berfoto sebaiknya izin terlebih dahulu.

11. Pantang beri uang ke pengemis

Di area Angkor Wat banyak sekali pengemis yang memanfaatkan itu untuk meminta 'sedekah' kepada wisatawan. Tak jarang anak-anak kecil dengan wajah belas kasihan yang mengemis.

Namun sebaiknya jangan berikan uang sepeser pun kepada pengemis-pengemis itu. Hal itu akan semakin mendorong siklus kemiskinan di Kamboja.


Sumber : OKEZONE

0 comments: