13 Tips Cara Mengobati Gusi Bengkak Pakai Bahan Alami dari Dapur

Rabu, Juni 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi nyeri karena gusi bengkak (Foto: shutterstock)

Solo - Gusi bengkak sering mengganggu aktivitas saat makan hingga tidur. Tak jarang gusi bengkak juga mengakibatkan nyeri pada area mulut ketika mengunyah.

Mengutip situs RSGM Unimus, Selasa (28/6/2022), beberapa hal yang menjadi penyebab gusi bengkak hingga terasa sakit di antaranya yakni karena kekurangan vitamin B dan C, radang gusi karena tumpukan plak gigi serta karang gigi, infeksi virus dan jamur, lalu tidak cocok dengan komposisi pasta gigi maupun mouthwash yang digunakan. Selain itu ada juga sisa makanan yang tertinggal hingga faktor hormon pada wanita hamil.


Cara mengatasi gusi bengkak
Mengutip situs RS Bethesda Lempuyangwangi Jogja, gusi bengkak tidak boleh dibiarkan karena khawatir akan membuat radang gusi semakin parah, hingga menyebabkan gigi goyang lalu copot sendiri. Ada beberapa cara mengobati gusi bengkak, di antaranya dengan kompres es atau air hangat hingga berkumur dengan air garam.

Berikut daftar bahan alami untuk mengurangi gusi bengkak yang bisa ditemukan dari dapur:

1. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air garam cukup ampuh meredakan nyeri gusi bengkak. Sedulur cukup menyiapkan segelas air hangat dan mencampurkan satu sendok garam, aduk hingga rata lalu gunakan untuk berkumur. Gunakan 3 kali sehari agar gusi bengkak dapat sembuh dengan cepat.

2. Kompres dengan es atau air hangat
Mengkompres gusi dengan es batu dapat digunakan ketika gusi bengkak tidak disertai nyeri atau berdenyut. Sementara gusi yang disertai nyeri dan berdenyut bisa menggunakan air hangat.

3. Berkumur menggunakan lemon
Gusi bengkak bisa disebabkan karena gigi berlubang. Dengan berkumur menggunakan lemon, bisa membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu kandungan asam pada lemon berfungsi untuk mengatur kadar keseimbangan pH dalam mulut. Berkumur menggunakan air hangat dicampur perasan jeruk lemon sebanyak 3 kali sehari.

4. Berkumur menggunakan daun jambu biji
Salah satu cara mempercepat kempesnya gusi bengkak yakni dengan berkumur menggunakan rebusan daun jambu biji. Daun jambu biji ini mengandung antibakteri yang dapat menjaga kesehatan mulut.

5. Mengoleskan belimbing wuluh pada gusi
Belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut. Gunakan belimbing wuluh yang belum matang dan tumbuk hingga halus, lalu oleskan pada bagian yang bengkak.

6. Menempelkan bawang merah
Bawang merah mengandung antiseptik alami yang bisa membunuh kuman penyebab gusi bengkak. Caranya dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan satu sendok teh garam, kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak.

7. Menempelkan bawang putih
Salah satu bumbu dapur ini memiliki manfaat antiseptik alami yang bisa mengatasi gusi bengkak. Caranya dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam, lalu tempelkan pada gusi yang sakit.

8. Mengoleskan madu
Madu alami mengandung zat yang bisa meredakan pembengkakan. Sedulur hanya perlu mengoleskan madu pada bagian gusi yang sakit dan lakukan 3 kali sehari hingga bengkak mulai kempes. Pastikan menggunakan madu yang alami dan asli ya Lur.

9. Mengoleskan merica
Bumbu dapur bercita rasa pedas ini mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi yang bisa mengobati gusi bengkak. Campur merica dengan garam, dan tuang sedikit air hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan pada gigi yang sakit atau penyebab gusi bengkak.

10. Menggunakan asam Jawa
Asam Jawa juga memiliki kandungan antiseptik alami. Caranya dengan menyangrai biji asam Jawa, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

11. Berkumur dengan air serai
Mengobati gusi bengkak bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan air serai. Sedulur tinggal merebus dua tangkai serai dan gunakan air rebusan itu untuk berkumur.

12. Berkumur dengan air jahe
Jahe juga memiliki kandungan antibakteri alami yang bisa membasmi bakteri penyebab gusi bengkak dalam mulut. Caranya dengan berkumur menggunakan air perasan jahe.

13. Berkumur dengan air kelapa
Air kelapa juga mengandung antiseptik alami yang bisa mengobati gusi bengkak. Sedulur bisa berkumur menggunakan air kelapa sesudah menggosok gigi.

Itulah 13 bahan alami yang sering ditemukan di dapur yang bisa digunakan untuk mengurangi gusi bengkak. Jika gusi bengkak masih tak mengalami perubahan, segera konsultasi ke dokter ya, Lur. Jangan dibiarkan lama membengkak, karena dikhawatirkan akan meningkatkan risiko terkena kanker kepala dan leher. Semoga lekas sembuh!


Sumber : detik.com

0 comments: