15 Curug di Tasikmalaya, Surga Tersembunyi di Tanah Sunda

Kamis, Juni 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

CURUG di Tasikmalaya menjadi salah satu destinasi wisata yang sering menarik minat para pelancong. Tasikmalaya tidak hanya dikenal dengan wisata khas pegunungan saja, namun juga dengan curugnya.

Bagi anda yang memiliki jiwa petualang, cobalah untuk menyempatkan waktu menjelajah curug-curug yang ada di Tasikmalaya. Banyak curug indah dan masih asri disini.

Penasaran? Simak daftar curug di Tasikmalaya:

Curug Agung Galunggung

Kawasan wisata Gunung Galunggung memiliki sederet pesona alam yang indah. Salah satunya adalah Curug Agung Galunggung. Meski bukan curug alami, namun curug ini tetap terlihat indah untuk dilihat. Para pecinta fotografi pasti akan sangat suka tempat ini.

Lokasi: Jl. Linggajati, Kec. Sukaratu, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Cimedang

Curug Cimedang berada kurang lebih 1 km dari kabupaten Tasikmalaya. Perjalanan menuju curug ini akan sedikit menguras keringat karena letaknya yang tersembunyi. Curug ini tidak begitu tinggi, hanya sekitar 5 meter dan memiliki kolam penampungan yang jernih.

Lokasi: Jl. Sukaharja, Kec. Sariwangi,, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Badak

Untuk bisa sampai ke objek wisata yang satu ini, anda harus menempuh jarak yang cukup jauh dari pusat kota. Setelah sampai di parkiran pun anda harus berjalan melalui medan yang cukup curam. Namun, setelah sampai di tujuan anda akan dimanjakan dengan keindahan Curug Badak yang masih asri dikelilingi pepohonan rindang dan besar.

Lokasi: Jl. Sukamukti, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Ciparay

Curug kembar yang satu ini memiliki tinggi sekitar 80 m dengan debit air yang cukup deras. Pemandangan di Curug Ciparay cukup memanjakan mata. Tak hanya itu, udaranya terasa sejuk karena disana banyak pepohonan yang masih asri.

Lokasi: Jl. Cidugaleun, Kec. Cigalontang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Dengdeng

Curug Dengdeng merupakan curug dengan tiga tingkat yang menyuguhkan pemandangan indah nan eksotis. Ketinggian curug ini sekitar 8-10 meter saja dengan debit air yang cukup deras. Di bawah curug ini terdapat kolam tampung yang bisa digunakan untuk bermain air atau berenang.

Lokasi: Jl. Tawang, Kec. Pancatengah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Sawer

Di Daerah Jatiwaras terdapat sebuah curug yang debit airnya bisa berubah-ubah tergantung musimnya. Jika musim hujan, debit air akan naik, sedangkan di musim kemarau, debit air kering total.

Lokasi: Jl. Mandalamekar, Kec. Jatiwaras, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Batu Bilek

Kaki Gunung Galunggung menawarkan sebuah wisata alam yang indah, salah satunya Curug Batu Bilek. Curug ini tidak begitu tinggi dan memiliki kolam tampung di bawahnya. Disini anda bisa berenang atau hanya main air saja di pinggiran kolam yang penuh batu-batu kecil. Namun, anda harus hati-hati karena kolam ini cukup dalam.

Lokasi: Jl. Santanamekar, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Cimanintin

Curug yang satu ini cukup tersembunyi dan jarang di datangi wisatawan karena medan tempuhnya yang cukup jauh serta naik turun. Padahal curug ini menawarkan panorama yang indah dengan air yang jernih.

Lokasi: Jl. Tanjungsari, Kec. Salopa, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Batu Mahpar

Curug Batu Mahpar dibingkai dengan batu alam yang terbentuk dari lava yang mengeras. Volume air yang ada di curug ini juga tidak terlalu deras sehingga cukup aman.

Lokasi: Jl. Sukamulih, Kec. Sariwangi, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat

Curug Putih

Untuk sampai ke curug ini anda harus menyiapkan tenaga dan keberanian karena medannya yang cukup sulit untuk ditempuh. Curug ini memiliki karakteristik cukup tinggi dengan di kelilingi tebing batu yang kokoh.

Lokasi: Jl. Sukamukti, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Cileutak

Destinasi wisata yang satu ini tidak begitu jauh dan medannya tidai begitu sulit. Curug Cileutak memiliki tinggi sekitar 15 meteran dengan lebar sekitar 20 meter.

Lokasi: Jl. Sindangasih, Kec. Cikatomas, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Koja

Aliran Sungai Ciwatih memiliki curug bernama Curug Koja. Curug Koja merupakan jenis curug berundak dengan tebing-tebing yang menjulang. Disekitarnya terdapat pepohonan yang masih rimbun.

Lokasi: Jl. Linggalaksana, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Gado Bangkong

Curug ini memiliki ketinggian yang sedang dan dihiasi pepohonan hijau yang masih rindang. Nuansa yang ada pun terasa sangat asri. Terdapat kolam penampungan di bawah guyuran air curug.

Lokasi: Jl. Santanamekar, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Cihanjuang

Curug Cihanjuang letaknya cukup menjorok ke hutan sehingga tidak banyak wisatawan yang datang kesini. Suasananya masih asri dan tenang dengan air yang jernih serta begitu segar. Keindahannya seperti surga yang tersembunyi.

Lokasi: Jl. Santanamekar, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Arjuna

Senasib dengan Curug Cihanjuang, Curug Arjuna juga jarang dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang cukup sulit untuk ditempuh.

Lokasi: Jl. Desa Santana Mekar, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sumber : okezone

0 comments: