4 Negara Terbesar di Asia berdasarkan Luas Wilayah

Kamis, Juni 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Negara terbesar di Asia, sumber foto: (Chuttersnap) by Unsplash.com
Benua Asia adalah salah satu benua terbesar yang ada di dunia. Asia terbagi menjadi beberapa bagian yang dihuni oleh banyak Negara. Ada banyak Negara terbesar di Asia dengan jumlah penduduk yang sangat padat. Benua asia itu sendiri mempunyai luas mencapai seperempat dataran bumi. Hal ini tentu membuat Asia menjadi benua yang strategis dijadikan sebagai tujuan kegiatan ekonomi. Pastinya, setiap Negara di benua tersebut mempunyai karakteristik dan keunikan masing-masing. Lalu, apa saja Negara terbesar di kawasan Asia? Jika sudah penasaran, simak penjelasannya lebih lanjut di artikel ini.

Negara Terbesar di Asia

Inilah 4 Negara terbesar di benua Asia yang perlu diketahui:

1. China

Mengutip buku Power Negara oleh Santoso, dkk (2021), China terkenal sebagai Negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. Hal ini diimbangi dengan luas wilayah China yang mencapai 9,7 juta km persegi. Bahkan, negeri yang dijuluki sebagai tirai bambu ini menempati 6,3% daratan dunia.

2. India

Ilustrasi Negara terbesar di Asia, sumber foto: (Jean Beller) by Unsplash.com
Negara terbesar di Asia yang berikutnya adalah India. Total luas dari Negara ini adalah 3,28 juta km persegi dengan luas daratan 2,97 km persegi. Adapun jumlah penduduk di India mencapai 1,38 miliar.

3. Kazakhstan

Kazakhstan merupakan Negara yang berada di wilayah Asia Tengah dan beberapa benua kecilnya berada di Eropa Timur. Luas wilayah Kazakhstan yakni mencapai 2,74 juta km persegi. Adapun persentase luas wilayah daratannya yaitu 1,8% dari daratan dunia.

4. Arab Saudi

Arab Saudi mempunyai banyak wilayah berupa padang pasir. Meskipun demikian, nyatanya Negara ini menjadi salah satu Negara terbesar di Asia. Luas wilayah dari Negara ini adalah 2,14 juta km persegi. Adapun luas padang pasir di Arab Saudi mencapai 1,4% daratan dunia.
Setelah menyimak pembahasan di atas, dapat dipahami bahwa urutan Negara terbesar di Asia yakni China, India, Kazakhstan, dan Arab Saudi. Keempat Negara tersebut menjadi Negara dengan jumlah penduduk yang besar dan sumber daya yang melimpah. Meski demikian, jumlah penduduk dan sumber daya alam ternyata tidak selalu menjamin kemajuan suatu negara karena yang paling berperan tentu adalah kualitas dari sumber daya manusianya itu sendiri.(DLA)

Sumber : kumparan.com

0 comments: