5 Alasan Mengapa Orang Pamerkan Hubungannya di Media Sosial

Jumat, Juni 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Tak sedikit di antara kita yang gemar sekali memamerkan hubungan dengan pasangan di media sosial, entah sekadar posting foto romantis, momen liburan berdua, atau hal-hal lain yang menunjukkan bahwa kita memiliki pasangan.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti psikologi, memposting hal-hal yang berkaitan dengan hubungan secara online (foto, status hubungan, dll) merupakan salah satu cara kita memberi tahu dunia bahwa kita sedang menjalin hubungan romantis.

Dan temuan juga menunjukkan bahwa ada alasan tertentu di balik ini. Apa itu?

Yuk, cari tahu lebih jauh, seperti dilansir dari Bright Side. Siapa tahu, salah satunya terjadi pada Anda atau orang terdekat Anda.

1. Sangat puas dengan hubungan yang ada
Menurut sebuah penelitian, individu yang lebih puas dalam hubungan mereka lebih cenderung memposting gambar diri mereka dan pasangannya sebagai foto profil utama.

Mereka yang merasa puas ini lebih cenderung memposting gambar profil yang dapat mengingatkan mereka tentang hubungan bahagia mereka, dan membuat mereka merasa lebih puas.

2. Berkomitmen pada hubungan
Para peneliti juga menemukan bahwa pengguna yang membuat hubungan mereka terlihat secara online memiliki perasaan komitmen yang kuat terhadap pasangan mereka.

Jika masih dalam tahap pacaran, ini juga akan meningkatkan kemungkinan bagi ia dan pasangannya untuk segera menikah dan tinggal bersama. Karena apa yang mereka unggah cenderung mendorong mereka untuk menganggap dirinya sebagai bagian dari hubungan yang romantis.



3. Merasa tidak aman pada hubungannya
Satu studi menemukan bahwa orang yang memposting status hubungan mereka di Facebook justru merasa tidak aman dengan hubungan yang sedang dijalaninya.

Penjelasan yang mungkin untuk hal ini adalah karena ekspektasi masyarakat tertentu, orang mungkin memposting hal-hal yang tidak selalu benar untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka bahagia. Studi ini adalah bukti nyata bahwa Anda tidak boleh mempercayai media sosial dan bahwa orang yang pamer mungkin tidak bahagia dalam kehidupan nyata.

4. Ingin melindungi hubungan mereka
Salah satu kemungkinan alasan mengapa seseorang berbagi foto dengan pasangannya adalah karena mereka ingin melindungi hubungan mereka. Dengan melakukan ini, mereka menunjukkan bahwa pasangan mereka adalah milik mereka.

Hal ini juga bertujuan untuk menghindari godaan dari pihak lain. Dan, dalam praktiknya, ini berhasil — peneliti mengungkapkan bahwa orang yang melihat profil pengguna dengan status hubungan merasa bahwa orang tersebut berada dalam hubungan yang baik dan tidak mau menerima ajakan romantis dari orang lain.

5. Meningkatkan harga diri
Terkadang, menunjukkan status hubungan bisa membuat orang merasa lebih percaya diri. Bagi sebagian orang, individu yang sudah punya pacar cenderung lebih tampil menarik dan disukai orang banyak, karena berpikir bahwa orang lain berkomitmen untuk menjalin hubungan dengan mereka.


Sumber : SUARA 

0 comments: