5 Kota Paling Sepi yang Cocok untuk Tempat Healing di Indonesia

Jumat, Juni 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



HIRUK pikuk kehidupan terlebih di kota metropolitan adalah sesuatu yang cukup melelahkan. Tak ayal, banyak orang yang mencari destinasi wisata yang jauh dari keramaian.

Jika anda adalah tipe yang demikian, sejumlah kota di Indonesia ini mungkin cocok untuk jadi tempat healing kamu dari hiruk pikuk kehidupan. Selain sepi, kota ini juga punya sejumlah destinasi dan aktivitas wisata untuk refreshing. Penasaran? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan 5 kota paling sepi di Indonesia!

1. Subulussalam, Aceh

Kota paling sepi di Indonesia yang pertama adalah Subulussalam yang terletak di Aceh. Kota ini sepi karena luasnya yang sangat besar, namun jumlah penduduknya tergolong sedikit dengan hanya 93.710 jiwa berdasarkan statistik tercatat per Juni 2021.

Dengan luas kota 1.391 KM2, rata-rata kepadatan penduduk di kota ini hanya 68 jiwa per KM!.

Suasana sepi itu ditunjang oleh iklimnya yang sejuk dan banyak terdapat hutan hujan tropis, jadi makin cocok untuk healing deh!


Negara Penghasil Wanita Cantik di ASEAN

2. Tidore, Maluku Utara

Kota paling sepi di Indonesia selanjutnya adalah Tidore di Maluku Utara. Kota ini ‘hanya’ memiliki 115.406 penduduk per Juni 2021 yang menempati wilayah seluas 1.646 KM2, sehingga rata-rata kepadatan penduduk kota hanya 70 jiwa per KM.

Untuk diketahui, Tidore adalah kota terluas nomor 2 se Indonesia. Sepi nya kota ini bukan berarti tidak ada kehidupan, malah justru banyak destinasi wisata di Tidore mulai dari wisata alam seperti Taman Laut Pulau Maitara, hingga wisata sejarah seperti Museum Kesultanan Tidore.

3. Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Di posisi ketiga kota paling sepi di Indonesia ada Palangkaraya. Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah ini merupakan kota paling luas se Indonesia dengan luasnya yang mencapai 2.400 KM2.

Meski begitu, penduduknya cuma sebanyak 286.704 jiwa per Juni 2021. Oleh karena itu, rata-rata kepadatan penduduk kota hanya mencapai 119 jiwa per KM sehingga termasuk salah satu kota paling sepi.

Namun demikian sebagai Ibukota Provinsi, Palangka Raya justru menjadi salah satu pusat kehidupan di Pulau Kalimantan. Ada banyak destinasi dan aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan disini, mulai dari berkunjung ke tempat wisata, kulineran, sampai menghadiri festival rakyat Dayak.


4. Dumai, Riau

Dumai yang terletak di Riau memiliki luas mencapai 1.623 KM2 dan menjadi salah satu yang terluas di Indonesia. Namun sama seperti kota paling sepi lainnya, luas wilayah itu tak sebanding dengan kepadatan penduduk yang hanya sebanyak 199 jiwa per KM berdasarkan data Juni 2021.

Jika kamu mencari alternatif wisata di Riau selain Batam, Dumai adalah tempat yang pas untuk healing karena banya wisata alam menarik disini, salah satunya adalah Pantai Pasir.

5. Pagar Alam, Sumatra Selatan

Kota paling sepi di Indonesia yang terakhir adalah Pagaralam di Sumatra Selatan. Kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 140.737 jiwa per Juni 2021 dengan luas kota yang mencapai 634 KM2, sehingga rata-rata kepadatan penduduknya hanya mencapai 233 jiwa per KM.

Namanya mungkin terdengar asing, namun jangan salah, Pagar Alam layak jadi tempat healing mu karena selain sepi, kota ini kaya akan spot wisata berupa curug yang punya sedikitnya 33 air terjun dan juga wisata sejarang 26 situs dengan menhiryang sudah tercatat.


Sumber : OKEZONE 

0 comments: