5 Tips Membawa Balita Naik Pesawat

Kamis, Juni 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi tips membawa balita naik pesawat (Sumber: Pexels)

Mama punya beberapa tips membawa balita naik pesawat. Mumpung sekarang sudah memasuki masa liburan, apakah kamu sudah berencana menghabiskan waktu dengan keluarga?
Mama baru tadi pagi ngobrol dengan salah seorang tetangga Mama. Dia sebentar lagi berencana akan pergi ke Bali. Nah, dia curhat nih, soalnya ini kali pertamanya membawa anaknya yang balita pergi naik pesawat.
Membawa bayi atau balita naik pesawat, apalagi buat pertama kalinya mungkin enggak semudah kalau anakmu sudah lebih besar. Bisa saja si kecil tiba-tiba rewel atau menangis saat di perjalanan.
Mama juga ada pengalaman nih, waktu itu Mama pernah membawa anak-anak Mama mudik naik pesawat. Anak bungsu Mama selama perjalanan rewel tanpa sebab. Jadinya Mama merasa enggak enak hati deh dengan penumpang lainnya.
Makanya, dibutuhkan berbagai persiapan yang penting dari Mama-Mama dan Papa-Papa. Biar perjalanan kalian bersama bayi maupun balita jadi lebih lancar.
Apa saja sih tips membawa balita naik pesawat? Simak daftar lengkapnya di sini yang telah Mama rangkum dari berbagai sumber ini, ya!

Tips Membawa Balita Naik Pesawat

1. Cari Tahu Mengetahui Aturan Penerbangan

Pertama-tama, sebelum kamu memutuskan untuk liburan bersama buah hati dengan naik pesawat. Cobalah untuk mengetahui informasi secara rinci mengenai peraturan penerbangan.
Utamanya bagi yang telah memiliki anak, disarankan buat mencari tahu apakah dari umur bayi sudah diperbolehkan naik pesawat hingga perlukah bayi atau balita membeli tiket pesawat? Soalnya untuk bayi yang masih kecil, umumnya masih dalam gendongan Mama-Mama, bukan?
Sebelum memilih maskapai penerbangan, Mama-Mama juga bisa mencari tahu mengenai maskapai yang bersangkutan. Apakah misalnya memiliki fasilitas atau perlindungan khusus pada bayi dan balita selama penerbangan.

2. Memilih Kursi yang Dekat dengan Jendela

Bagi Mama-Mama yang membawa bayi atau balita, disarankan untukmu memilih kursi bagian lorong atau yang dekat dengan jendela.
Duduk di dekat jendela memungkinkan si kecil teralihkan pandangannya ke luar pesawat. Kalau balita duduk di tengah, bisa jadi dia gampang bosan lalu rewel dan dapat mengganggu penumpang lainnya.
Enggak ada salahnya juga untukmu mempertimbangkan untuk membeli dua kursi. Jika misalnya dengan duduk terus di pangkuan Mama-Mama malah membuatnya rewel, siapa tahu dengan duduk di kursi sendiri, si kecil merasa lebih nyaman.

3. Cobalah Tiba Lebih Awal Sebelum Waktunya Boarding

Membawa balita liburan naik pesawat, tentunya membutuhkan lebih banyak persiapan. Biar enggak terburu-buru, disarankan untuk Mama-Mama dan Papa-Papa tiba di bandara tiga hingga dua jam sebelum keberangkatan.
Selama menunggu waktunya keberangkatan, kamu bisa mengajak si kecil berjalan-jalan melihat-lihat situasi bandara.

4. Sediakan Camilan

Jangan lupa juga buat menyediakan camilan atau snack selama dalam perjalanan. Kamu bisa membawakannya biskuit, buah yang dipotong kecil-kecil, atau cokelat.
Dengan membawakannya camilan, si kecil akan sibuk mengunyah dan tidak kesal selama masa perjalanan. Dia juga enggak akan rewel, karena perutnya sudah terisi.

5. Membawa Mainan

Ilustrasi tips membawa balita naik pesawat (Sumber: Pexels)
Penting juga untuk membawa mainan ketika membawa balita bepergian naik pesawat. Dengan adanya mainan, buah hatimu enggak akan bosan karena ada hal yang menarik perhatian mereka.
Kamu bisa membawakannya mainan yang dia sukai, seperti boneka, mainan mobil-mobilan atau mainan dengan karakter kartun favoritnya.
Kalau balita sudah di atas dua tahun, Mama-Mama juga bisa membawa tablet bergambar maupun soft book berwarna-warni yang lucu.
Itu dia beberapa tips membawa balita naik pesawat. Bagi yang kini sedang berencana bepergian atau liburan dengan keluarga, semoga tips ini bisa membantumu, ya!
Sumber : kumparan.com

0 comments: