5 Tips Meningkatkan Penjualan Online di Marketplace

Jumat, Juni 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi berjualan di marketplace.Foto: Roman Samborskyi/Shutterstock
Beragamnya pilihan, kemudahan akses, hematan waktu, hingga diskon membuat banyak konsumen berbondong-bondong memanfaatkan marketplace sebagai tempat berbelanja. Tentu kebiasaan baru ini juga menjadi kesempatan emas bagi pebisnis dan pemilik usaha untuk memulai jualan dan membangun toko online-nya sendiri.
Gampang-gampang susah. Meningkatkan penjualan ternyata memerlukan strategi tersendiri agar bisnis tidak stuck atau bahkan merugi.
Anda salah satu pemilik toko online yang ingin punya keuntungan besar? Yuk, simak tips di bawah ini agar jualan di toko online Anda bisa cuan terus!

5 Tips Meningkatkan Penjualan Toko Online

Tentukan harga yang kompetitif

Bisa membandingkan harga antara satu penjual dan penjual lainnya merupakan salah satu keunggulan berbelanja online. Para pembeli utamanya akan memilih barang yang menawarkan harga kompetitif. Terlalu mahal membuat pembeli mudah “kabur”, terlalu murah pun bisa dicurigai tidak berkualitas.
Karenanya, sangat penting melakukan riset kompetitor sebelum Anda menetapkan harga produk. Selain menetapkan harga yang kompetitif, Anda juga bisa menawarkan promo atau diskon lainnya yang dapat memperbesar kemungkinan produk dibeli lebih banyak orang.

Maksimalkan promo marketplace

Manfaatkan beberapa program gratis ongkir dengan batas pembelian minimal yang disediakan oleh marketplace. Tawaran seperti gratis ongkir bisa membantu penjualan toko online Anda laris manis. Bukan itu saja, hal ini akan memengaruhi konsumen untuk meningkatkan pembelanjaan demi memenuhi syarat gratis ongkir.
Ilustrasi pesanan yang banyak dengan menghadirkan promo. Foto: iJeab/Shutterstock
Yup, ongkos kirim memang jadi satu pertimbangan meski jumlahnya kecil. Karenanya, pastikan Anda aktif mengikuti promo yang disediakan marketplace agar bisa terus mendongkrak performa toko online Anda.

Foto, nama, dan deskripsi jadi kunci

Foto produk merupakan kunci untuk “membujuk” konsumen agar memilih produk Anda dibandingkan toko lain. Tak perlu peralatan super canggih, Anda bisa mengambil foto dengan berbagai variasi angle sebagai pilihan referensi. Jangan lupa, manfaatkan pula pencahayaan natural.
Ilustrasi mengambil gambar dengan pencahayaan natural. Foto: Poring Studio/Shutterstock
Penting pula menuliskan secara detail deskripsi produk. Informasi pada deskripsi harus mencakup stok, warna, material, kualitas, ukuran, cara perawatan, dan detail penting lainnya terkait produk yang dijual. Isi dan jabarkan deskripsi atau kondisi barang secara jujur, misalnya saat ada barang yang cacat atau defect.
Ingat, kepercayaan antara penjual dan pembeli sangat penting. Deskripsi yang jelas dan jujur juga berperan penting sebagai kata kunci atau tag saat konsumen mencari produk dalam kolom pencarian marketplace. Jadi gunakan pilihan kata mudah dan paling banyak dicari sesuai dengan produk Anda, ya!

Usahakan responsif dan komunikatif

Ilustrasi penjual yang responsif dan komunikatif. Foto: David Gyung/Shutterstock
Meski Anda tidak bertemu langsung dengan pembeli, pelayanan tetap perlu diutamakan. Apalagi di era yang sangat kompetitif ini, pembeli menginginkan penjual yang responsif dan komunikatif.
Oleh sebab itu, jika menerima pertanyaan, Anda wajib memberikan respons cepat dan ramah, sehingga konsumen jadi lebih yakin, percaya, dan nyaman saat melakukan pembelian. Beberapa marketplace bahkan memberikan rating pada seller yang memberikan respons dalam melayani konsumen.

Konsisten promosikan toko online

Jika Anda punya budget lebih dalam berbisnis, manfaatkanlah fitur premium seller dari marketplace. Fitur ini bisa berguna untuk mempromosikan toko online Anda dengan lebih masif.
Anda bisa mengikuti berbagai program kampanye pada tanggal khusus, berpartisipasi pada promo hari besar, muncul di halaman awal, atau bahkan terkait dengan kata kunci tertentu. Jika punya situs atau kanal media sosial sendiri, cobalah untuk membuat konten yang berkaitan dengan toko Anda.
Sudah siap meningkatkan penjualan di toko online Anda?


Sumber : kumparan.com

0 comments: