5 Wisata Horor di Bandung: Hantu Boneka Panda hingga Noni Belanda

Kamis, Juni 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Bandung - Bandung dikenal sebagai kota wisata kuliner atau wisata belanja. Bukan hanya itu, Bandung juga punya wisata horor yang juga cukup terkenal loh.

Tak hanya menyimpan romantisme Bandung juga menyimpan cerita mistis. Ya, ada sejumlah tempat di Bandung yang dinilai angker hingga jadi wisata horor.

Cerita mistis itu tersebar dari mulut-mulut. Keangkeran Bandung tak hanya bicara soal bangunan tua, sejumlah jalanan juga menjadi buah bibir masyarakat karena diyakini angker.

Berikut rangkuman detikJabar tentang lima tempat angker di Bandung yang kerap dijadikan tempat wisata horor. Yuk simak ulasannya. detikJabar merangkum cerita angker ini dari berbagai sumber.

Jalan Babakan Siliwangi
Dikutip dari detiknews, di Jalan Babakan Siliwangi Kota Bandung menyimpan mistis yang menyeramkan. Di jalan ini disebut-sebut terdapat hantu boneka. Menurut cerita yang beredar, hantu boneka di Jalan Babakan Siliwangi merupakan jelmaan boneka milik seorang bocah.

Bocah tersebut tewas akibat tabrak lari saat masih berusia dua tahun. Kejadian nahas itu terjadi sekitar tahun 1981. Hantu boneka bentuk panda diceritakan milik bocah tersebut. Disebut-sebut hantu boneka panda ini pernah melayang-layang di pohon di Jalan Babakan Siliwangi.

Noni Belanda di SMAN 3-5 Bandung
SMAN 3 dan 5 Bandung merupakan sekolah favorit. Sekolah ini berlokasi di Jalan Belitung Kota Bandung. Selain menyimpan berbagai cerita soal prestasi yang moncer. Rupanya, sekolah favorit ini menyimpan juga cerita seram tentang noni Belanda.

Bangunan sekolah ini merupakan gedung tua yang dibangun pada zaman pemerintahan Hindia Belanda. Dulu sebagai gedung Hoogere Burgerschool te Bandoeng (HBS) yaitu sekolah menengah untuk bangsa Belanda dan kalangan ningrat Indonesia.

Katanya, cerita yang beredar dari mulut ke mulut menyebutkan penghuni atau hantu yang yang berada di bangunan sekolah favorit itu bernama Nancy. Hantu ini berbentuk noni Belanda.

Menurut cerita, noni Belanda itu dikabarkan bunuh diri di sekolah tersebut. Dan, disebut-sebut kerap menampakkan diri. Selain itu, suara-suara mistis juga disebut kerap muncul. Di bangunan sekolah favorit itu kerap terdengar suara piano musik klasik saat kondisi sepi atau tak ada orang, suaranya bersumber dari ruangan musik.

Rumah di Jalan Dago-Dayang Sumbi
Di antara Jalan Dago-Dayang Sumbi Kota Bandung santer terdengar cerita seram tentang hantu garasi. Ya, hantu yang menghuni garasi di salah satu rumah. Katanya, di rumah tersebut berkaitan dengan kisah mobil antik Presiden Soekarno.

Kondisi garasinya tak pernah ditutup. Cerita yang beredar, sering terdengar suara ketukan pintu dari dalam garasi. Selain itu, hantu berupa anak kecil juga disebut-sebut menampakkan diri jika garasi ditutup.

Vila Isola
Dikutip dari detikTravel, Miliarder bernama Dominique Willem Berrety adalah pemilik Vila Isola. Vila ini dibangun pada 1932, arsiteknya adalah seorang Belanda bernama CP Wolff Schoemaker yang juga merancang Gedung Concordia.

Dalam cerita yang beredar, Barretty meninggal dunia karena kecelakaan pesawat. Vila miliknya yakni Vila Isola itu pun terbengkalai. Dalam cerita lanjutannya, Vila Isola yang sebelumnya milik Barrety itu kemudian dibeli oleh Savoy Homan. Bahkan, sempat jadi markas tentara Jepang.

Masa kemerdekaan kemudian Vila Isola ditetapkan sebagai gedung utama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), yang kini menjadi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Dibalik sejarah Vila Isola itu terdapat kisa mistis yang beredar. Katanya, di vila itu ada penampakan seorang bule yang berdansa. Kemudian, terdapat lorong yang menyeramkan. Hingga, tentang kisah hantu wanita yang bunuh diri.

Hantu wanita yang bunuh diri konon adalah Anna, salah satu anak Berrety. Sedangkan penampakan hantu bule berdansa tak lain adalah Berrety sendiri.

Rumah Ambulans
Dikutip dari detikTravel, kisah seram lainnya berlokasi di rumah tua zaman Belanda. Rumah ini berlokasi di Jalan Bahureksa. Rumah tua ini sangat tersohor di Kota Bandung, tentu karena cerita horornya.

Di depan rumah tua ini terdapat mobil ambulans yang terparkir. Mobil ambulans ini disebut-sebut dihuni oleh makhluk halus.

Konon rumah ini dulu milik keluarga Belanda. Pada suatu hari, kecelakaan menewaskan seluruh anggota keluarga. Sebuah mobil ambulans mengantarkan jenazah kembali ke rumah dari tempat kecelakaan.

Namun kisah yang beredar, mobil ambulans itu sudah beberapa kali dipindahkan ke tempat lain namun selalu kembali ke rumah ini.

Saking terkenalnya, kisah ini diangkat ke layar lebar berjudul 'Hantu Ambulance'. Kini di dalam rumah tersebut berdiri distro 'Ambulance Shop' dengan desain modern. Mobil ambulans di depan rumah itu sudah dipindah sejak 2016 silam.

Lima lokasi wisata horor dengan ceritanya yang penuh misteri itu merupakan urban legend yang beredar di masyarakat Bandung. Percaya atau tidaknya, tentu tergantung keyakinan masing-masing.

Sumber : detik.com

0 comments: