6 Fakta Bendungan Engelhade Tempat Jasad Eril Ditemukan, Sudah Ada Sejak Jaman Perang Dunia

Jumat, Juni 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


6 Fakta Bendungan Engelhade Tempat Jasad Eril Ditemukan, Sudah Ada Sejak Jaman Perang Dunia
Lokasi penemuan jasad Eril, putra sulung Ridwan Kamil terletak di Bendungan Engelhade, Bern, Swiss. (youtube.com/Bayu Wiro)

Penemuan jasad Eril di Bendungan EngehaldeBernSwiss membuat sang ayah, Ridwan Kamil beserta keluarga mengucap rasa syukur. Berita kehilangan Eril yang sudah dikumandangkan sejak 2 minggu lalu pun telah resmi dicabut oleh kepolisian Bern seiring dengan hasil identifikasi jasad yang ditemukan adalah jasad Eril.

Penemuan jasad Eril ini diungkap oleh kepolisian Bern saat penjaga pintu air di Bendungan Engelhade, Bern, Swiss menemukan sesosok jasad pria tak bernyawa yang tergeletak di bendungan tersebut. Sontak, penjaga pintu air tersebut langsung melaporkan penemuannya ke kepolisian Bern dan pihak kepolisian pun langsung bergegas ke lokasi kejadian.

Lalu, seperti apa sebenarnya Bendungan Engelhade ini? Simak 6 fakta tentang bendungan tersebut

1. Sudah ada sejak perang dunia

Bendungan yang sering disebut oleh warga sekitar dengan nama Stauwehr Engehalde ini diketahui sudah berusia hampir 113 tahun. Menyandur dari https://www.nau.ch/, bendungan ini diresmikan pada 1 November 1990 dan membendung aliran air di sungai Aare sepanjang 3 kilometer.

2. Aliran deras untuk pembangkit listrik

Arus air sungai Aare yang deras dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Semua peralatan yang terdapat di bendungan Engehalde ini termasuk dalam kesatuan perangkat pembangkit listrik Felsenau atau sering disebut Kraftwerk Felsenau. Bahkan, beberapa turbin yang sudah pernah dipakai di bendungan ini menjadi salah satu koleksi museum. 

3. Salah satu bendungan di Sungai Aare

Ternyata, Bendungan Engelhade ini merupakan salah satu dari 4 bendungan yang terdapat pada sungai Aare dan sama-sama berfungsi sebagai pembangkit listrik. Tiga bendungan lain yang tersebar sepanjang aliran sungai Aare adalah bendungan Mattenschwelle, bendungan Felsenau dan bendungan Muhleberg.

4. Pintu air dapat dibuka tutup untuk menyaring sampah

Selayaknya bendungan lain, bendungan Engelhade memiliki pintu air yang dapat dibuka tutup untuk menyaring sampah serta mengalirkannya kembali ke sungai demi mendapatkan kualitas air yang baik untuk pembangkit listrik. Sampah sampah yang terperangkap di pintu tersebut akan dibersihkan dan diambil oleh penjaga pintu air sehingga air yang kembali dialirkan ke sungai adalah air bersih tanpa kotoran.

5. Kedalaman bendungan dan kondisi sekitar bendungan

Bendungan Engehalde ini memiliki kedalaman hingga 4 meter dan berada di daerah Schonausteg, dekat dengan jembatan yang biasa digunakan oleh warga sekitar untuk melintasi sungai Aare lewat atas. Dari vlog di kanal Youtube Bayu Wiro, kita dapat melihat bagaimana bendungan tersebut bekerja dari atas jembatan dan bagaimana air yang telah disaring tersebut dialirkan kembali ke hulu sungai.

6. Larangan Berenang di Dekat Bendungan

Berdasarkan pantauan, arus di Bendungan Engehalde terlihat sangat deras dan warga dilarang berenang di sekitar area tersebut, kurang lebih 1 km dari lokasi sesuai dengan instruksi yang berlaku di berbagai titik di sungai Aare.

Sumber : Suara.com

0 comments: