6 Tempat Angker di Jakarta yang Dijadikan Film

Kamis, Juni 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

INDONESIA sangat kental dengan cerita mistis. Setiap sudut kota tak luput dari kisah-kisah hantu menyeramkan, tak terkecuali Jakarta.

Bukan rahasia lagi jika Jakarta punya segudang kisah horor dari berbagai lokasi berbeda. Saking populernya, tempat-tempat itu sampai menjadi inspirasi pembuatan film.

Sudah banyak film layar lebar yang mengangkat tempat angker di Jakarta. Tentu saja, film-film semacam ini selalu menarik atensi publik karena berlatar di lokasi nyata, bukan sekedar fiktif belaka.

Berikut ini ada 6 tempat angker di Jakarta yang dijadikan film:

1. Jembatan Ancol

Jembatan Ancol, Jakarta Utara ini konon dihuni oleh sesosok hantu wanita yang meninggal di zaman Belanda. Menurut cerita yang beredar, dahulu si wanita mati di Jembatan Ancol setelah mengalami pemerkosaan dan dibunuh.

Namun ada pula versi lain yang menyebutkan bahwa penunggu Jebatan Ancol ada wanita bernama Ariah atau Mariam. Kecantikan Mariam menarik perhatian juragan kaya raya yakni Oey Tambahsia.

Mariam yang enggan dimiliki oleh Oey melarikan diri, tapi sayangnya berhasil ditangkap oleh centeng sang juragan. Wanita malang itu mati ditangan para centeng Oey dan jasadnya ditinggalkan tak jauh dari Jembatan Ancol.

Lantaran terkenal horor, Jembatan Ancol diangkat ke layar lebar pada tahun 1993 dan 2019 dengan judul serupa 'Si Manis Jembatan Ancol'.


2. TPU Jeruk Purut

Siapa tak tahu sosok hantu kepala buntung di TPU Jeruk Purut? Hantu tersebut digambarkan sebagai sosok pastor yang menenteng kepalanya sendiri.

Kehadirannya pun tak sendiri, melainkan bersama anjing hitam. Suara lolongan anjing di TPU Jeruk Purut diyakini sebagai petanda kehadiran hantu sang pastor.

Kisah yang telah melegenda ini pun dijadikan sebuah film bertajuk 'Hantu Jeruk Purut'. FIlm yang dibintangi oleh Sheila Marcia dan Samuel Zylgwyn itu dirilis pada tahun 2006 silam.

3. Terowongan Casablanca

Mitos paling populer dari Terowongan Casablanca di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan adalah harus menkan klakson sebanyak tiga kali. Dipercaya, tindakan ini dapat menghindarkan pengguna jalan dari mara bahaya.

Konon, banyak makhluk halus yang mendiami terowongan tersebut, mulai dari kuntilanak hingga sosok nenek tua.

Pada tahun 2007, sutradara Nanang Istiabudi pun tertarik menggarap film berdasarkan kisah-kisah misteri dari Terowongan Casablanca. FIlm ini dibintangi oleh tokoh legendaris Ki Joko Bodo dan sederet aktor seperti Nino Fernandez maupun Jupiter Foustissimo.

4. Rumah Pondok Indah

Salah satu rumah megah nan mewah di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan terkenal menyimpan misteri. Sampai-sampai, hunian tersebut dijadikan judul film horor 'Rumah Pondok Indah' pada 2006 oleh sutradara Irwan Siregar.

Salah satu kisah yang seringkali menjadi buah bibir dari rumah ini adalah hilangnya seorang tukang nasi goreng. Kabarnya, ada yang memesan nasi goreng dan setelah diantar ke dalam, si penjual tak pernah kembali.

Awal mula rumah ini menjadi angker tak diketahui pasti. Tapi salah satu kisah menyebutkan skeitar tahun 1980an ada 7 anggota keluarga yang terbunuh di rumah tersebut usai mengalami perampokan.

5. Mall Klender

Mall Klender menjadi saksi dari sadisnya pembakaran hingga penjarahan di tahun 1998 silam. Ratusan korban jiwa meninggal tak wajar di mall tersebut.

Meski sudah dibangun kembali menjadi tempat yang layak, tetap saja Mall Klender masih meninggalkan segelintir kisah seram. Misalnya saja, penumpang ghaib ikut menumpangi angkot di sekitar kawasan tersebut dengan wajah hangus terbakar.

Kisah-kisah misteri Mall Klender menarik perhatian Sutradara Danny Poernomo. Dibintangi oleh Denny Sumargo, Saykohi, Shandy Aulia, dan Tasya Kamila, film berjudul Mall Klender dirilis pada tahun 2014.

6. Rumah Kentang

Rumah yang terletak di Jalan Dharmawangsa 9, Jakarta Selatan seringkali tercium aroma kentang dari dalamnya. Untuk itu rumah angker satu ini disebut sebagai 'Rumah Kentang',

Sisi horor rumah tersebut bukan sekedar tercium aroma kentang rebus, tapi juga tangisan anak kecil. Kabarnya, dahulu ada seorang bocah terjatuh dalam kuali rebusan kentang.

Pada tahun 2012, kisah dari lokasi angker satu ini diangkat ke layar lebar dengan judul 'Rumah Kentang' oleh Jose Poernomo.

Sumber : okezone

0 comments: