6 Tips Membuat Tubuh Tak Kelelahan setelah Begadang

Senin, Juni 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Begadang. (Foto: Shutterstock)


SERING begadang memang dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti stroke, serangan jantung, dan kardiovaskular. Jika dibiarkan terus menerus, hal ini pun dapat mengakibatkan kematian.

Beberapa studi berfokus pun pada efek samping begadang, bukan pada kegiatan yang dilakukan setelah begadang, lantaran begadang dikenal memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Sebenarnya, ada hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana membuat tubuh tidak kelelahan setelah begadang. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan usai begadang semalaman, apalagi lebih dari satu malam. Berikut tipsnya seperti dilansir dari KlikDokter:

Begadang

1. Tidur Cukup

Pastikan Anda punya waktu tidur cukup setelah begadang semalaman, setidaknya 7-8 jam setiap harinya. Penting juga untuk tidur tidak terlalu malam setelah sehari sebelumnya begadang.

2. Jangan Ngemil

Konsumsilah makanan sehat, alih-alih ngemil. Kecenderungan orang begadang adalah makan apa saja yang relatif tidak sehat. Hindarilah kebiasaan tersebut.

3. Atur Jadwal Harian

Usahakan menerapkan jadwal harian yang teratur. Setelah begadang, Anda bisa beraktivitas seperti biasa dulu lalu tidur tepat waktu. Cara tersebut dapat mencegah body clock (jam biologis tubuh) berantakan.

4. Tidur Siang

Tidur siang juga dapat membantu mengembalikan stamina setelah begadang. Durasinya 30-45 menit pada tengah hari, tapi jangan terlalu lama.

5. Minum Kopi

Sebagai booster, tidak masalah untuk meminum kopi pada pagi hari. Akan tetapi, konsumsinya jangan berlebihan, satu cangkir sudah cukup.

6. Hindari Multitasking

Setelah semalaman tanpa tidur, kerja memori otak akan terganggu. Dalam kondisi tersebut, Anda relatif sulit mengingat banyak hal dalam satu waktu. Jadi, hindari melakukan banyak pekerjaan sekaligus.


Sumber : okezone.com

0 comments: