7 Trik Agar Ruangan Lebih Terang Meski Tak Banyak Jendela

Senin, Juni 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Ruangan yang terang berasosiasi dengan mood yang 'terang' pula. Berikut tujuh trik agar ruangan lebih terang meski tak banyak jendela. (iStockphoto)

Anda dihadapkan pada kenyataan bahwa work from home akan segera berakhir. Saatnya berbenah mulai dari kamar agar mood lebih baik dan ada semangat kerja.

Ruangan yang terang berasosiasi dengan mood yang 'terang' pula. Untuk urusan mood, Anda pasti ingin mengandalkan pencahayaan alami sehingga jendela jadi jawaban agar ruang lebih terang.

Akan tetapi, meski ruangan Anda minim atau tidak berjendela sama sekali, bukan berarti ruangan tidak bisa dibuat lebih terang. Simak trik-trik agar ruangan lebih terang meski tak banyak jendela.


1. Tambah lampu
Tak ada jendela berarti Anda perlu menyediakan sumber cahaya sendiri dengan lampu. Mungkin sebelumnya ruang tamu atau ruang kerja hanya memiliki satu lampu overhead sehingga ini bisa ditambah.

Lampu tambahan bisa ditempatkan di kedua sisi sofa atau sudut dekat televisi. Ruangan pun lebih cerah dan membuat Anda memiliki kontrol lebih luas terhadap ruangan.

"Jika Anda ingin mematikan lampu overhead, Anda memiliki pencahayaan yang lebih dari cukup untuk menciptakan lingkungan yang benar-benar indah dan damai di malam hari," jelas Alessandra Wood, vice president of style di Modsky, mengutip House Beautiful.

2. Pasang cermin
Cukup memasang cermin, ruangan Anda akan mencerahkan ruangan secara instan. Seperti dilansir Tom's Guide, tempatkan cermin besar secara strategis di dekat sumber cahaya atau di seberang jendela untuk memantulkan cahaya alami.

Jika ruangan tidak memiliki jendela, letakkan lampu meja atau lampu lantai di samping cermin untuk menghasilkan efek serupa.

Untuk hasil terbaik, gunakan atur pancaran cahaya agar hangat atau cool white sehingga pantulan tidak menyilaukan.

Kalau belum memungkinkan menyediakan cermin, Anda bisa menggunakan permukaan reflektif apa saja misal, baja tahan karat, kaca, dan aksesori logam.

3. Cat tembok putih
Cat tembok putih akan membuat ruangan terasa lebih luas. Triknya, jangan cuma temboknya tetapi juga langit-langit (ceiling) ruangan. Alhasil ruangan akan terasa lebih lega.

Akan tetapi bukan berarti Anda tak bisa bermain dengan warna. Mainkan perabot berwarna agar ruangan tak terkesan 'hambar'. Wood menyarankan agar penempatan warna tidak menumpuk di satu titik ruangan tetapi disebar.

"Jika Anda hanya memiliki satu bagian gelap di ruangan, itu akan menonjol seperti jempol yang sakit," katanya.

4. Menempatkan pot tanaman hias
Tanaman hias mampu memberikan kehidupan pada ruangan Anda. Pilih tanaman berwarna cerah dan kontras dengan warna tembok.

Jangan lupa pilih tanaman hias yang tidak perlu banyak cahaya matahari atau tanaman yang memang khusus untuk area dalam ruangan. Anda bisa pilih peace lily, lidah mertua (sansevieria), lidah buaya, bamboo palm, atau Chinese evergreen alias aglaonema.

5. Atur perabot
Merasa kamar makin sumpek? Coba atur kembali furnitur di dalamnya. Meja kerja kayu besar, almari tua berwarna coklat tua membuat ruangan makin gelap.

Sebaiknya gunakan furnitur yang memiliki potongan lebih ringan, lebih ramping dan lebih kontemporer. Untuk ruang tamu atau ruang tengah, gunakan sofa berkaki untuk meloloskan cahaya masuk ke bawah sofa dan ruangan jadi lebih cerah.

6. Lantai kayu atau karpet berwarna terang
Kini lantai bercorak kayu bisa didapat cukup dengan memasang lapisan tambahan pada lantai keramik atau marmer Anda. Namun jika Anda menghuni properti sewaan, lantai bisa disiasati dengan penggunaan karpet berwarna cerah.

Karpet akan menjadi titik fokus yang cerah pada ruangan dan memberikan kelembutan tekstur pada lantai. Kombinasi warna putih gading, krem atau warna hangat lain akan mencerahkan ruangan.

7. Memajang karya seni
Tidak semua orang telaten dan mampu mengurus tanaman hias. Namun tak jadi soal sebab Anda bisa menempatkan karya seni di ruangan.

"Memiliki karya seni di rumah menciptakan titik fokus yang menambah kedalaman dengan citra dan warna yang mencolok," kata Wood.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: