Akibat yang Ditimbulkan dari Keberagaman Sosial Budaya dan Contohnya

Rabu, Juni 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Akibat yang Ditimbulkan dari Keberagaman Sosial Budaya. Foto. dok. Hannah Busing (Unsplash.com)

Keberagaman sosial dan budaya merupakan hal yang cukup lumrah dijumpai khususnya di Indonesia. Namun begitu, fenomena ini rupanya memiliki akibat tersendiri. Untuk mengetahui apa akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya, mari kita simak pemaparan lengkapnya dalam ulasan berikut.

Akibat yang Ditimbulkan dari Keberagaman Sosial Budaya

Indonesia yang merupakan negara dengan tingkat keberagaman yang tinggi ini membuat Indonesia dinilai sebagai negara yang memiliki tingkat toleransi yang cukup tinggi. Perbedaan atau keragaman masyarakat dapat dijumpai dalam berbagai segi, salah satunya adalah keragaman sosial dan budaya. Apa saja faktor keberagaman sosial dan budaya?
Dalam buku berjudul Buku Siswa Sejarah Indonesia SMA/MA Kelas 10 yang disusun oleh Windriati, S.Pd. (2021:93) disebutkan beberapa faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia, baik dalam segi budaya maupun bahasa.
Ilustrasi Akibat yang Ditimbulkan dari Keberagaman Sosial Budaya. Foto. dok. Omar Lopez (Unsplash.com)
Lebih lanjut, dalam buku tersebut juga dipaparkan secara detail bahwa banyaknya jumlah suku bangsa yang tinggal di wilayah Indonesia dan tersebar di berbagai pulau dan wilayah di penjuru Indonesia menjadi salah satu faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia. Setiap suku bangsa juga memiliki ciri khas dan karakteristik sendiri baik pada aspek sosial maupun budaya.
Adanya keberagaman sosial dan budaya yang ada di Indonesia ini rupanya memicu akibat yang sangat beragam, mulai dari akibat positif hingga negatif. Contoh akibat positif yang ditimbulkan dari keberagaman sosial dan budaya antara lain menciptakan integrasi nasional dan memajukan pergaulan antar suku, agama, budaya, dan golongan yang ada di Indonesia.
Selain akibat positif keberagaman budaya juga dapat memicu akibat negatif, yaitu konflik dalam masyarakat. Sebagaimana yang dijelaskan dalam buku berjudul Antropologi: Mengungkap Keragaman Budaya (2007: 24) yang memaparkan bahwa keberagaman budaya dapat memberikan akibat positif maupun negatif.
Ilustrasi Akibat yang Ditimbulkan dari Keberagaman Sosial Budaya. Foto. dok. Naassom Azevedo (Unsplash.com)
Tak hanya itu, dalam buku tersebut juga memaparkan bahwa akibat yang dapat ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya salah satunya adalah konflik sosial. Untuk mencegah terjadinya gesekan antara budaya tersebut, kita dapat melakukan beberapa cara seperti:
  • Penanaman sikap toleransi
  • Memberikan gambaran tentang keragaman etnis melalui berbagai jenjang pendidikan di Indonesia
  • Memberikan informasi yang jelas tentang etnis oleh pemerintah karena setiap masalah yang ada lebih banyak ditimbulkan karena kurangnya pengetahuan terhadap budaya lain.
  • Ada banyak sekali contoh keberagaman sosial dan budaya. Hal ini dapat kita jumpai di sekeliling lingkungan kita. Misalnya teman sekolah kita yang berasal dari berbagai suku yang ada di Indonesia, atau bahkan tetangga sekitar rumah kita yang menggunakan bahasa sehari-hari yang berbeda.
Penjelasan lengkap mengenai akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya dapat membuka wawasan kita mengenai keunikan yang dimiliki Indonesia. Terus junjung tinggi sikap toleransi untuk menciptakan keamanan dan kedamaian hidup di sekitar kita, ya! (DAP)

Sumber : kumparan.com

0 comments: