Alasan Orang India Suka Makan hingga Memasak Menggunakan Tangan

Sabtu, Juni 04, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Makan menggunakan tangan merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan terutama orang Asia, termasuk India dan Indonesia. Namun di sisi lain, kebiasaan makan menggunakan tangan kerap membuat bingung warga Barat. Sehingga terdapat pro dan kontra terhadap kebiasaan makan satu ini.
Praktik makan ini menjadi melekat pada penilaian bangsa lain terhadap masyarakat India yang kerap makan hingga masak menggunakan tangan. Cara makan menggunakan tangan ini dianggap sangat tidak berbudaya dan terkesan kotor. Memang tidak semua makanan dapat dimakan langsung dengan menggunakan tangan. Beberapa makanan India sebagian besar dapat dimakan langsung menggunakan tangan.
Mengutip India Today, ternyata makan menggunakan tangan dapat memberi manfaat bagi tubuh, lho. Salah satu manfaatnya adalah, makan menggunakan tangan dapat mencegah lidah kamu dari risiko terbakar. Hal tersebut karena jari-jari tangan dapat menjadi reseptor yang baik.

Selain itu, makan menggunakan tangan merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan kelima indra. Jika kamu menggunakan sendok garpu, maka tidak menggunakan kelima indra tersebut. Indra perasa, penglihatan, pendengaran, penciuman, dan peraba. Semua itu bisa kamu rasakan saat makan menggunakan tangan secara langsung.

Tak hanya itu, menurut masyarakat India makan langsung menggunakan jari kamu ini sangat higienis. Hal tersebut karena kamu bisa langsung menjilat sisa makanan yang ada di jari. Tetapi pastikan bahwa kamu telah mencuci tangan sebelum makan, ya.
Manfaat lainnya, yaitu dapat membantu sistem kerja pencernaan. Memang makan tanpa menggunakan sendok dan garpu cenderung lambat. Tetapi, ketika kamu menggunakan tangan dapat memberikan waktu ke tubuh secara perlahan. Kamu cenderung tidak buru-buru menghabiskan makanan. Hal tersebut dapat memperlancar pencernaan kamu.
Pastinya makan dengan menggunakan tangan juga dinilai membuat masakan menjadi lebih enak. Dengan mencampur nasi dan sambal misalnya, membuat makanan menjadi lebih enak. Jika kamu menggunakan sendok dan garpu, rasanya pasti sangat berbeda dengan menggunakan tangan.

Nah, jadi kamu tim makan pakai tangan atau sendok-garpu, nih?


Sumber : kumparan.com

0 comments: